Transportasi

Pihak ASDP Imbau Warga Tidak Mudik Sore Hari, Hindari Penumpukan Antri Berjam-jam

BATAMBicara | Batam – Menghadapi mudik lebaran Idul Fitri tahun ini, pihak PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyarankan ke masyarakat yang berpergian menggunakan kapal Roro untuk pemuatan penumpang dipagi hari.

Seringnya terjadi penumpukan penumpang kapal mengangkut orang dan kendaraan tersebut pada sore hari di Pelabuhan Telaga Punggur, Kota Batam. Hal ini kerap menyulitkan pihak ASDP, terlebih sekarang ini ada dua kapal yang tidak beroperasi.

“Kedua kapal tersebut yakni, milik ASDP dan PT Jembatan Nusantara, anak perusahaan PT ASDP, sedang diperbaiki,” kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Batam, Syamsudin kepada media, Sabtu (16/04/2022).

Penumpang diminta jangan berangkat pada sore hari dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Uban, Bintan, “Biasa sore hingga malam hari, kapasitas kapal terbatas, akibatnya, penumpang harus antre berjam-jam,” ujarnya.

Sejauh ini, ada dua unit kapal roro milik ASDP dan PT Jembatan Nusantara yang beroperasi. Agar penumpang bisa terangkut, ASDP mengerahkan Kapal Roro Bahtera Nusantara yang mampu mengangkut 40 unit kendaraan roda empat.

Sebenarnya, Kapal Bahtera Nusantara memiliki rute ke Kabupaten Natuna, tidak ke Tanjung Uban, “kapal Bahtera Nusantara yang sedang istirahat (off) terpaksa diperbantukan. Kami mendapatkan izin itu. Pukul 19.30 Wib, seluruh penumpang dan kendaraan terangkut”, terangnya.

Dia mengimbau warga yang menggunakan transportasi air tidak hanya memanfaatkan fasilitas pengangkutan kapal roro pada sore hari, tapi juga pagi dan siang hari.

“Biasa pagi dan siang hari, meski di hari libur, sepi penumpang,” ucap Syamsudin. (bn/bbid)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button