BATAMBicara

Penyesuaian Tarif Trans Batam Berlaku 17 Juli 2021, Kepala UPT: Perwako dan Layanan

BATAMBicara | Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengeluarkan Perwako no 21 tahun 2021, tentang Penyesuaian Tarif Angkutan Penumpang Umum dan Trans Batam pada Unit Pelayanan Teknis Badan Layanan Umum Daerah Pelayanan Jasa Transportasi Dinas Perhubungan, akan melakukan penyesuaian tarif angkutan umum Trans Batam.

Perwako yang keluar tanggal 14 April 2021 tersebut akan menetapkan tarif Trans Batam yang sebelumnya Rp4.000 akan naik menjadi Rp6.000.

Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Trans Batam, Bambang Sucipto mengatakan, kebijakan tersebut mengacu pada Perwako No 21 Tahun 2021. Terkait dengan penyesuaian tarif bus Trans Batam.

“Dorongan naik seperti ini melihat dari segi pelayanan, terutama menyesuaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) dan sparepart kenderaan, istilahnya bukan kenaikan, tapi penyesuaian tarif yang sudah delapan tahun belakangan ini belum ada kenaikan. Berlaku mulai 17 Juli 2021,” kata Sucipto, saat dikonfirmasi BATAMBicara via telepon. Rabu (16/6/2021).

Dijelaskannya bahwa untuk penumpang umum tarifnya Rp6.000 jika dibayar menggunan tunai, tapi jika non tunai tarifnya hanya Rp5.000.

“Sedangkan untuk pelajar, jika membayar tunai Rp3.000 dan jika non tunai Rp2.500,” ujarnya.

Untuk pembayaran non tunai ini Sucipto memaparkan, penumpang bus Trans Batam bisa memanfaatkan Quick Response Code Indonesian Standart (QRIS), dan dapat juga menggunakan Brizzi BRI.

“Anjuran dari Presiden juga untuk mengurangi pembayaran kontak langsung dengan konsumen atau penumpang, maka dari itu penumpang bisa memanfaatkan pembayaran non tunai atau menggunakan kartu link” jelas Sucipto.

©bb.id

Hal ini menurutnya, untuk menekan penyebaran virus dan selama pandemi Covid-19 ini, setiap penumpang wajib menjalankan protokol kesehatan saat menggunakan Trans Batam. Seperti menggunakan masker dan menjaga jarak wajib dilaksanakan.

©bb.id

“Pemeriksaan tubuh juga dilakukan sebelum naik trans Batam,” jelas Sucipto.(rs)

Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed