oleh

Damri Buka Rute Layani Angkutan Barang di Natuna Mulai Tahun Ini Sebagai Perintis

BATAMBicara | Batam – Perusahaan Umum (PERUM) DAMRI akan membuka rute Pelayanan Angkutan Barang ke pulau Natuna Provinsi Kepri pada tahun 2020 ini. Dalam pelaksanaan menjalani Subsidi Angkutan Barang Perintis ini dilaksanakan guna mendukung pelaksanaan program TOL LAUT yang telah dilaksanakan Pemerintah dari Tahun 2016 lalu.

General Manager (GM) Perum DAMRI Kantor Cabang Kepri Sadi, mengatakan, layanan ke Natuna ini adalah bertujuan untuk mewujudkan konektivitas dan menekan kesenjangan harga antara wilayah. “Tujuan mewujudkan rute ini akan mencakup wilayah barat dan timur Indonesia, dan menjaga kepastian ketersediaan barang logistik,” ungkapnya dikantor Cabang Damri di Tanjunguncang, Batam. Rabu (22/7/2020).

Pelaksanaan Subsidi Angkutan Barang Perintis Tahun Anggaran 2020 oleh Perum DAMRI sesuai dengan penugasan dari Kementrian Perhubungan melalui Keputusan Menteri Pehubungan Nomor KM 95 Tahun 2020 tanggal 23 April 2020 tentang Penugasan Kepada Perusahaan Umum (PERUM) DAMRI Untuk Menyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Angkutan Barang Di Jalan Dari dan Ke Daerah Tertinggan, Terpencil, Terluar, dan Perbatasan Tahun 2020.

Dalam Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Angkutan Barang, Sadi menuturkan. “Pelabuhan Selat Lampa – Ranai di Kabupaten Natuna Kepri adalah menjadi salah satu Jaringan Trayek yang ditetapkan oleh Kementrian Perhubungan sebagai Jaringan Lintas Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik Angkutan Barang. DAMRI memulai menyisir dari jalan hingga ke daerah tertinggal, terpencil, terluar, hingga sampai ke perbatasan dimulai tahun 2020 ini,” ungkapnya.

Sadi mengharapkan dengan Subsidi Angkutan Barang Perintis ini dapat mendorong meningkatnya distribusi logistik dari dan ke Kabupaten Natuna dan sekitarnya. “Dapat kita sampaikan pelaksanaan Subsidi Angkutan Barang Perintis yang di mulai tanggal 22 Juli 2020 ini bisa melayani Trayek dari dan ke Pelabuhan Selat Lampa – Ranai Kabupaten Natuna kedepan. Kita mengharapkan sekali itu,” jelasnya.

“Rute baru, lanjut Sadi, yang dilakukan oleh Consigne atau pelaku usaha di Natuna ini dengan tujuan untuk penekanan harga logistik dan meningkatkan perekonomian,” tambahnya.

Perum DAMRI adalah selaku operator pelaksanaan kegiatan ini. “Kita terlebih dahulu berkoordinasi dan bekerjasama dengan Instansi terkait, seperti Pemerintah Kabupaten Natuna, Dinas Perdagangan Kabupaten Natuna, PT.Pelni, Pelni Logistik, dan selanjutnya mensosialisasikan kepada masyarakat dan pelaku usaha di Kabupaten Natuna dan sekitarnya.

Demi kelancaran dan mensukseskan program pemerintah tentang Tol Laut dan Angkutan Barang Perintis,” imbuhnya. (**)

Editor: saut/bb

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed