oleh

Dua Kapal Ferry MV Putri Anggraeni Siap Layari Kepulauan Riau

BATAMBicara | Kepulauan Riau – Memasuki pekan ‘Normal Baru’ secara bertahap transportasi mulai udara, darat dan kini moda transportasi air sudah mulai bergerak. Dua kapal penumpang baru MV Puteri Anggraeni 01 dan MV Puteri Anggraeni 05 siap melayani masyarakat yang akan melakukan pelayaran antar pulau di Kepulauan Riau.

Kepala Dinas Perhubungan Kepri, Jamhur Ismail, mengatakan, kapal MV Puteri Anggraeni 01 dan MV Puteri Anggraeni 05 di kelola oleh PT Putra Maju Global Indonesia yang berkantor pusat di Tanjung Balai Karimun (TBK).

Jamhur menjelaskan, untuk jadwal keberangkatan kapal MV Puteri Anggraeni 01 dari Pelabuhan Punggur, Batam ke Pelabuhan Jagoh, Lingga dijadwalkan berangkat tiap tanggal ganjil. Sedangkan untuk kembalinya akan berlayar setiap tanggal genab yakni dari Pelabuhan Jagoh, Lingga ke Batam.

“Kedua kapal ini bisa melaju mencapai kecepatan 25 knot, dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 185 kursi,” kata Jamhur di Tanjungpinang, Rabu (17/6/2020).

MV Puteri Anggraeni 05 nantinya melayani pelayaran Tanjungpinang-Batam dan Anambas. Sementara kapal MV Puteri Anggraeni 01 akan melayani pelayaran Batam-Lingga. “Untuk tarif (ongkos) Batam-Lingga per penumpang dikenakan sebesar Rp 245 ribu. Harga tiket tersebut sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dan itu sudah berlaku,” ujarnya.

Sedangkan Kapal MV Puteri Anggraeni 05 sambung Jamhur, akan melayani pelayaran dari Tanjungpinang, Batam terus ke Anambas. Rute kapal ini dalam pelayarannya akan dilakukan tiap tiga kali dalam seminggu.

Nantinya dari Pelabuhan Tanjungpinang ke Anambas di jadwalkan tiap hari, Selasa, Kamis dan Minggu. “Jadwal berangkat pukul 07.30 Wib, dan dari Batam ke Anambas pukul 09.00 Wib.

Untuk pelayaran sebaliknya dari Anambas pukul 07.30 Wib. Dengan ongkos sekali jalan Rp 420 ribu,” tutur Jamhur. Saat ini pihak perusahan, tengah melakukan pra persiapan, dan diharapkan dalam pekan depan sudah siap 100 persen bisa beroperasi penuh.

Untuk perizinan di masing-masing daerah seperti di Tanjungpinang sudah siap, di Batam sudah siap, begitu juga untuk perizinan di Anambas sedang dalam proses. “Saat ini tengah pra persiapan. Insya Allah, pekan depan sudah ready, kapal bisa berlayar melayani masyarakat Kepri,” harapnya.

Jamhur menambahkan, dirinya sudah melihat dan mengecek langsung kondisi kapal tersebut dan memang sangat layak dan masih sangat baik. Ia menyebut, bahwa kapal tujuan Batam-Lingga begitu juga kapal dengan tujuan Tanjungpinang-Anambas tersebut seperti kapal pesiar. “Kursi dan fasilitas lainnya di dalam kapal sangat baik, seperti kapal pesiar.

Saya yakin penumpang akan merasa nyaman dan betah menaiki kapal ini,” jelasnya. Untuk semua perizinan pihak perusahan kapal ini sudah mengantonginya, dan pihak Pemprov Kepri sangat mendukung dengan akan beroperasinya dua kapal tersebut.

“Dengan adanya armada kapal baru ini, maka moda transportasi antara daerah di Kepri semakin banyak dan mudah. Masyarakat akan sangat terbantu dan Pemda sangat bersyukur dengan adanya dua kapal baru aluminium ini,” ungkap Jamhur. (**)

Editor: saut/bb

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed