oleh

Pembatasan Layanan Transportasi Laut dan Udara Resmi Berlaku di Batam

Batambicara.id (26/4/2020) | Batam – Dikabarkan Bandara Hang Nadim Batam resmi berhenti sementara layanan penerbangan komersial untuk penumpang, Sabtu (25/4/2020).

Pembatasan layanan ini berlaku hingga 1 Juni mendatang, dibahas dengan batasan mudik yang diumumkan pemerintah.

Pada hari pertama disetujui ini, tidak ditemukan kesulitan atau keluhan atas pemberhentian sementara layanan tersebut.

Direktur Badan Usaha Bandara (Bubu) Hang Nadim Batam Suwarso, menyatakan dalam hal ini, “untuk sementara hanya mengeluarkan perintah operasi, pemulangan WNI dari luar negeri dan pemulangan WNA keluar Indonesia,” kata Suwarso, mengutip kepripedia , Sabtu (25/4).

“Tidak ada penumpang yang gagal berangkat,” tambah dia.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam, tampak lengang dan sepi setelah berlaku pembatasan layanan (dok/istimewa)

Terpantau di lapangan, parkiran dan gedung Bandara Hang Nadim, yang biasa hiruk-pikuk dengan jumlah penumpang dan pengguna jasa bandara, tampak lengang dan sepi.

Hanya terlihat dari petugas kebersihan dan pemeliharaan yang melakukan aktivitas di lokasi. Sebelumnya Bandara Internasional di Batam masih tetap melayani untuk penerbangan.

Kapal Feri Batam Jet (foto/batamjet)

Sementara itu, untuk pengangkutan laut juga mengirimkan informasi kepada penyetopan tentang pengiriman kapal Feri. Surat berharga atas nama PT Lestari Indomabahari.

Dalam surat yang dikeluarkan tersebut, armada kapal Feri Dumai Express Group yang melayani dari pelabuhan domestik Sekupang Batam dengan tujuan Tanjungbalai – Selat Panjang, Tanjungsamak, Sungai Tohor, Bengkalis Dumai dan Tanjungpinang tidak dapat melayani rute tersebut mulai 25 April 2020.

Penyetopan operasi yang dibatalkan sehari-hari dari tanggal yang ditentukan dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 yang disetujui tanggal 24 April 2020. Penundaan pemberlakuan ini untuk mendukung operator yang menyediakan angkutan dengan reservasi lama, dan mulai hari ini tidak tersedia reservasi baru.

Diketahui pula PT Pelayaran Batam Bahari Sejahtera juga mengirimkan surat pemberhentian operasi armadanya.

Dalam surat yang diterima Sabtu (25/4) siang itu menjelaskan jika kapal Feri yang dinaunginya, MV Batam Jet sudah tidak memulai lagi semenjak Sabtu, (25/4) pagi.

Meski begitu, agen pelayaran kapal Batam Jet dan Dumai Line, Asmadi, mengutip, pada Sabtu (25/4) kapal Feri tersebut masih beroperasi.

“Ada dua kapal berangkat tujuan ke Dumai hari ini dengan perusahaan yang berbeda,” kata Asmadi.

Saat menerima terkait surat setop operasi PT Lestari Indomabahari, Asmadi enggan memberikan komentar lebih jauh. (**)

Gambar utama: Bandara Internasional Hang Nadim Batam, tampak lengang dan sepi setelah berlaku pembatasan layanan (dok/istimewa)
Sebelumnya artikel ini tayang di kumparan, dengan judul "Transportasi Udara dan Kapal Laut di Batam" 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed