oleh

Libur Natal dan Tahun Baru 2020 KM Kelud Masih Sandar di Batu Ampar

Batambicara.id (4/11/2019 | Batam – Kapal Pelni KM Kelud yang sempat diisukan pindah ke pelabuhan Sekupang, ternyata menghadapi liburan natal dan tahun baru 2020 masih akan berlabuh di Pelabuhan Batuampar Kota Batam, untuk menaikkan dan menurunkan penumpang.

KM Kelud saat menurunkan penumpang pasca liburan hari raya di pelabuhan Batu Ampar, Batam (dok/bb/private)

“Masih di Batuampar. Kemarin memang dibilang mau dipindah kembali ke Sekupang. Itu terserah BP Batam. Kalau kami operator terserah saja,” kata Kepala Operasional PT Pelni Cabang Batam, Dicky Dermawandi¬†di Batam, sebagaimana mengutip Antaranews.

Hal pemindahan ini pernah diminta oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, beliau sempat meminta pihak terkait untuk mengkaji pemindahan terminal Pelni dari Pelabuhan Batuampar ke Pelabuhan Sekupang demi keamanan dan kenyamanan penumpang.

Penumpang KM Kelud setelah turun melewati tumpukan kontainer dan alat berat di pelabuhan Batu Ampar, Batam (dok/bb/private).

Menurut Dicky, kondisi Pelabuhan Sekupang saat ini belum memadai menjadi terminal penumpang, karena fasilitasnya yang masih minim dan banyak kurang disana sini.

Selain itu, alur pelayaran masih dangkal sehingga membahayakan pelayaran.

“Kasihan juga penumpangnya, ruang tunggunya seperti itu. Kalau alur tidak dikeruk juga kapal bisa kandas,” kata dia.

Ia mengatakan, pihaknya masih mempersiapkan angkutan libur Natal 2019. Meski begitu, sudah banyak warga yang menanyakan penjualan tiket kapal, serta jadwal keberangkatan.

“Kami masih menunggu dari pusat soal jadwal. Termasuk soal tiket dan jadwal maupun kapal tambahan,” kata dia.

Saat ini, KM Kelud masih ‘docking’ untuk perawatan kapal di Lampung.

Perawatan kapal, kata dia, dilakukan untuk sebagai bagian dari persiapan menghadapi arus penumpang saat libur Natal dan Tahun Baru.

“Teknis angkutan Natal masih menunggu. Tunggu KM Kelud selesai menjalani perawatan dulu,” kata dia.

Jadwal dan harga tiket, menurut dia, akan diumumkan paling lambat satu bulan menjelang waktu libur Natal dan Tahun Baru. **

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed