oleh

ASDP Menyatakan Kapal Siap Penambahan Jelang Lebaran

Batambicara.id (7/4/2019) | Batam – Jelang hitungan pekan bulan Ramadhan akan tiba, dan pastinya hari raya Idul Fitri akan menghampiri. Kendati demikian, sudah menjadi hari yang akan semua kebutuhan hidup akan meningkat dan pasti naik. Begitu juga dengan tiket pesawat.

Bagi masyarakat mampu yang mudik dengan menggunakan pesawat akan mengalami lonjakan dan tingginya harga tiket. Namun bagi masyarakat yang ekonomi lemah, mereka pasti akan mengalihkan pilihan ke moda transportasi lainnya, salah satunya dengan kapal laut.

Melihat fonemena ini, PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry cabang Kepri sudah menyatakan kesiapan armadanya untuk menghadapi arus penumpang saat Ramadhan maupun lebaran.

Supervisor ASDP Kepri, Herbert Damanik, mengatakan “semua kapal sudah kita siapkan dan penambahan akan kita pastikan selalu ada”

Salah satu Kapal RORO (KMP Muria) ketika meninggalkan Pelabuhan Telagapunggur (dok/private/ilustrasi)

“Karena dari tahun ke tahun, animo masyarakat menggunakan Kapal RORO untuk mudik semakin tinggi. Hal ini terlihat dari jumlah armada yang kita siapkan. Dengan rute meningkat jelang dan pasca lebaran. Tahun lalu, PT ASDP Kepri menambah sebanyak 2 kapal, untuk mengakomodir tingginya permintaan masyarakat. Tidak hanya menambah kapal saja, tapi sistem pengangkutan juga berubah”. Tambah Herbert.

Masih kata Herbert “Siap bongkar, langsung berangkat. Jadi biasanya 2 kali seminggu, saat lebaran lalu menjadi lebih. Ketika lebaran itu kapal berangkat di hari Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu”.

Dan tahun ini, diperkirakan animo masyarakat akan semakin tinggi. Oleh sebab itu, Supervisor ASDP menyatakan semua kapal sudah dalam keadaan siap. Tidak hanya itu, nantinya ada beberapa tambahan kapal untuk mengakomodir permintaan masyarakat.
“Kami masih melihat nanti kecendrungan masyarakat. Kalau tinggi, kami terapkan sistem yang lama. Kapalnya kami tambah,” tuturnya.

Perjalanan dari Batam menuju Buton, kata Herbert membutuhkan waktu selama 20 jam. Namun dengan menggunakan kapal RORO, memungkinkan masyarakat membawa kendaraan mereka menuju kampung halaman.

Sebagaimana berita yang dilansir Batampos.co.id (6/4/2019), terkait tarif, setiap rute sudah diatur oleh negara. Masyarakat yang ingin mengetahui jadwal keberangkatan kapal RORO dan harga tiket, bisa langsung mengecek tarif untuk penumpang, kendaraan roda dua, empat atau lebih di Kantor ASDP Kepri yang berada di pelabuhan RORO Telagapunggur, Batam. **

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed