Tokoh

Mengenal Lebih Dekat H Irwansyah, Host Syafril: Asli 24 Karat Minang

BATAMBicara.id | Batam – Masyarakat Kota Batam tentunya sudah tidak asing lagi mengenal Tokoh sekaligus Kader senior PPP (Partai Persatuan pembangunan) DR H Irwansyah SE,MM., yang sudah 20 tahun menjadi Anggota Legeslatif dengan Dua Periode tingkat Kota (DPRD Batam) dan Dua Periode ditingkat Provinsi (DPRD Kepri).

Saat menerima Kru SMTV dikediaman Bang Ir (biasa disapa) di Tiban 1, Kecamatan Sekupang, Kota Batam. Senin (21/11) malam, Politisi Partai Ka’bah ini banyak menceritakan sejarahnya merintis karir di Kota Batam dan di PPP hingga membesarkan Partai tersebut di Kota Batam selama lebih kurang 32 tahun.

Dipandu Host Syafril Yubahar SE,M.Ak., dalam siaran langsung di Streaming channel Youtube dan Fanpage Facebook SMTV, pemirsa juga dapat berinteraksi langsung dikolom komentar.

Diketahui H Irwansyah meniti karir sebagai pengusaha di Kota Batam. Dia juga pernah menjabat Ketua HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) dan beberapa organisasi-organisasi kepemudaan dan Ormas (organisasi masyarakat) di Kota Batam pada saat itu. Dirinya juga mengungkap bahwa Ia terlahir sebagai keturunan atau darah Minang yang lahir di Kota Medan, “justru Saya tahu kampung Saya semenjak hijrah di Batam tahun 1990”, ungkapnya.

Cucu dari seorang Jaksa di Kota Medan (Alm. Muhammad Saleh) ini sangat gemar membaca Berita Surat Kabar (Koran) pada masa sekolah tahun ’80 an. Mengalirnya karakter dari Bapak (Alm. H Nizwi Tanjung) yang berprofesi sebagai Jurnalis di Kota Medan kala itu, H Irwansyah termotivasi untuk terjun di dunia politik.

Selanjutnya Host Syafril menyinggung kesiapan H Irwansyah untuk menghadapi Pemilu 2024 akan datang.

“Niat dari awal belum ada terjun ke politik, karena emang darah yang mengalir atau bakat dari Bapak (orang tua) tidak bisa terelakkan untuk berhadapan langsung ke tengah-tengah masyarakat dalam melayani sebagai Anggota Legeslatif,” ujar H Irwansyah.

H Irwansyah yang lahir di Kota Medan ini memiliki garis keturunan Koto dari Ibu (Almh. Siti Raha) yang bersuku Piliang dan Tanjung, cucu dari Alm. Obot Sutan Batuah, ini juga menjabat sebagai penasehat IKSB (Ikatan Keluarga Sumatera Barat) dan pengurus Al Washliyah Provinsi Kepri.

Anggota DPRD termuda usia 35 tahun pada Pemilu 2004 lalu itu, juga menuturkan bahwa dirinya sudah siap untuk maju di Pilwako (Pemilihan Walikota) Batam tahun 2024 mendatang. Ia juga mengungkap jika dirinya dikehendaki masyarakat Kota Batam maka dengan niat yang tulus ia akan ikut kompetisi Batam 1 tersebut.

Bertahannya H Irwansyah di Legeslatif selama 4 periode ini tidak lepas dari doa masyarakat yang mendukung serta beberapa aspek yang menurut politikus PPP ini adalah pendekatan secara persuasif dan menerima masukan langsung dari masyarakat terutama di dapilnya (Sekupang, Belakangpadang, Batu Aji dan Sagulung).

Beberapa masukan yang diterima Redaksi terkait Pilwako 2024, menurut H Irwansyah yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPW dari Muswil PPP Provinsi Kepri dan pada Muscab Batam saat itu, dirinya diminta untuk konstelasi politik pada Pilkada 2024.

“Alhamdulillah, ada masyarakat dan pengurus Partai memberikan kepercayaan kepada Saya agar maju dalam Pilwako Batam 2024 mendatang. Kesiapan itu tentunya sudah terukur mulai dari sekarang dan jika itu sudah menjadi ketentuan Saya untuk duduk sebagai Walikota Batam, ini adalah kepercayaan masyarakat Kota Batam kepada Saya, Insya Allah saya akan memegang amanah tersebut sebaik-baiknya, Namun jika proses kesana (Bacalon Walikota) Saya belum terpilih, maka Saya ikhlas untuk mundur, walaupun kesiapan sudah hampir menghabiskan tanaga, pikiran bahkan biaya,” ungkap H Irwansyah yang pernah menjadi Calon Wakil Walikota mendampingi Arifin Nasir (Pemilu 2010) itu.

Menurut dari sebuah Lembaga Survei yang independen di Jakarta tahun 2021, melalui konsultan H Irwansyah menduduki 15,5% untuk posisi Calon Walikota Batam, atau di bawah satu level teratas yang diduduki incumbent saat ini. Hasil survei tersebut mengatakan persentase statistik masyarakat Kota Batam terhadap H Irwansyah mencapai 53%.

“Sebagai kader yang meraih suara tertinggi calon legislatif se-Kota Batam tahun 2014 lalu untuk DPRD Provinsi Kepri dengan 14.300 suara, dan berpengalaman seluk-beluk permasalahan di Kota Batam tentunya terpanggil dan akan siap maju pada Pilwako Batam 2024,” jelasnya.

Disamping itu H Irwansyah mempunyai komitmen bersama Gubernur Kepri yakni memiliki program untuk mengembangkan UMKM yang bekerjasama dengan Bank Riau Kepri Syariah. Dalam hal ini pemerintah provinsi Kepri bersama DPRD Kepri dan pihak Bank terkait untuk memberikan bantuan modal bagi pelaku usaha kecil dan menengah dengan mencapai angka pinjaman hingga 20 juta rupiah.

“Silakan bagi saudara-saudara kita khusus warga Minang yang memiliki usaha atau butuh bantuan modal usaha dapat mengajukannya melalui Bank Riau Kepri Syariah, dan seluruh biayanya gratis tanpa bunga dan mengenai biayanya ditanggung oleh pemerintah provinsi pada APBD”, tutup H Irwansyah.

Biodata

Nama : H Irwansyah
Tanggal Lahir : Medan, 8 Februari 1969
Pekerjaan : Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kepulaun Riau
Istri : Rita Kafitariana
Nama Anak
1. Jihan Nadhirah Natasyah
2. M. Zakki Syahputra
3. M. Zaidan Syahputra
4. M. Faiq Mubarak Syahputra

Riwayat Pekerjaan
1. Anggota DPRD Kepri 2014-2019 dan s/d sekarang
2. Anggota DPRD Batam 2009-2014
3. Anggota DPRD Batam 2004-2009
4. Ketua PW Parmusi Kepri
5. Ketua DPW KPRMI Kepri
6. Wakil Ketua DPW PPP Kepri
7. Bendahara PW Al Washliyah Kepri
8. Ketua Umum BPD HIPMI Kepri 2005-2008

(red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button