oleh

Abdul Rivai, Orang Indonesia Pertama Menerbitkan Surat Kabar Berbahasa Melayu Dari Eropa

Batambicara.ID | Tokoh – Abdul Rivai adalah doktor dan wartawan Indonesia. Ia merupakan orang Indonesia pertama yang menerbitkan surat kabar berbahasa Melayu dari Eropa. Rivai dianugerahi gelar sebagai Perintis Pers Indonesia pada tahun 1974 oleh Pemerintah Indonesia. lahir di Palembayan, Agam, Sumatera Barat, 13 Agustus 1871. Beliau meninggal di Bandung, Jawa Barat, 16 Oktober1937 pada usia 66 tahun.

Salah satu tulisan-tulisan tangkas Abdul Rivai adalah menentang klaim AA Fokker, seorang pejabat kolonial Hindia Belanda. Yang kala itu Pewarta Wolanda adalah Surat Kabar yang baru saja diterbitkan perdana pada awal 1900, sontak bikin riuh. Fokker dengan percaya diri mengatakan bahwa lebih dari fasih berbicara Melayu dibandingkan orang Melayu sendiri.

Tidak terima dengan klaim Fokker, Rivai yang saat itu berada di Amsterdam lantas mengkritisinya lewat tulisan. Dan saling berbalas serang melalui koran. Sepulangnya ke tanah air, Rivai menantang Fokker untuk bertarung di arena debat. Rivai yang memang orang Melayu asli dengan lihai menelanjangi lawannya.

Fokker yang berhasil selalu tersudut dalam pembaharuan yang hilang. Ketangkasan Rivai tidak sanggup dibalasnya dengan argumen yang sepadan. Sampai akhirnya, orang Belanda itu berdalih di ambang kekalahannya dengan berkata, “Seorang Belanda tidak boleh berbahasa Melayu.” (Soebagijo IN, Jagad Wartawan Indonesia,1981: 545). **

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed