oleh

Tips Jaga Kebugaran Berpuasa, Lakukan 5 Langkah ini di Rumah Anda

Batambicara.ID | Berpuasa membuat Anda harus juga memperhatikan dan menjaga kebugaran tubuh karena bulan Ramadhan bukan harus malas-malasan dan berhenti olahraga. Meski sedang berpuasa, gaya hidup sehat harus selalu diterapkan. Kendati, banyak orang yang enggan berolahraga karena khawatir merasa kelelahan.

Olahraga tetap bisa dilakukan selama bulan Ramadhan ini, tentunya dengan memperhatikan waktu berolahraga dan jenis olahraganya. Olahraga saat sedang berpuasa itu boleh dan aman, selama jenis olahraganya disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Saat tubuh sedang puasa dan olahraga tetap dilakukan, hormon pertumbuhan akan muncul dan meremajakan sel di dalam tubuh.

Sebagaimana melansir dari Hello Sehat, tidak melakukan olahraga selama sebulan, bisa menurunkan kekuatan otot dan membuat seseorang tidak bugar.

Pada dasarnya, olahraga sudah menjadi kebutuhan hidup dan harus dijalani agar tubuh tetap sehat dan bugar. Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan ketika berpuasa, karena akan memengaruhi ketahanan tubuh selama menjalani ibadah tersebut.

Hindari olahraga yang memiliki intensitas tinggi (high impact), sebab akan membuat tubuh kehilangan banyak energi dalam waktu yang cepat. Lantas, olahraga seperti apa yang bisa dilakukan ketika sedang berpuasa? Berikut rangkuman dari berbagai sumber, jenis olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa.

Jogging Ringan

Jogging dengan intensitas ringan sangat baik untuk dilakukan selama berpuasa. Cukup lakukan jogging ringan selama 10 hingga 20 menit saja, minimal tiga kali seminggu, dijamin tubuh akan tetap bugar saat berpuasa.

Lakukan setelah sahur di pagi hari atau saat sore menjelang waktu berbuka. Jogging di waktu tersebut memungkinkan kita tidak merasa terlalu lelah.

Bersepeda

Bersepeda bisa menjadi alternatif jenis olahraga saat puasa. Anda bisa bersepeda santai di lingkungan rumah saat sore hari atau menggunakan sepeda statis di dalam ruangan.

Bersepeda dapat mengencangkan otot hingga menyehatkan jantung. Bersepeda saat puasa juga menjaga tubuh agar tidak lemas karena dengan bersepeda, pikiran juga lebih tenang dan oksigen yang masuk ke tubuh bisa terkontrol lebih mudah. Lakukan kegiatan bersepeda maksimal 30 menit agar hasilnya lebih efektif.3 dari 6 halaman

Yoga

Yoga menjadi olahraga yang tepat dilakukan saat berpuasa. Gerakan yoga tidak terlalu menguras energi dan membantu untuk tetap berpikir jernih, merasa tenang, juga nyaman selama berpuasa.

Yoga membantu proses detoksifikasi tubuh lebih maksimal. Yoga sangat cocok ketika Anda ingin berolahraga saat puasa, dalam jangka waktu yang singkat.

Yoga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga memberi efek positif bagi kesehatan mental.

Naik Turun Tangga

Mungkin terlihat sepele, tetapi olahraga naik turun tangga membantu menurunkan kalori dalam tubuh. Olahraga ini tergolong ringan dan menjadi satu di antara olah raga yang bisa dilakukan saat berpuasa.

Naik turun tangga selama kurang lebih 10 menit mampu membakar kalori sebanyak 178 kalori. Lakukan olahraga ini dengan intensitas normal dan tidak berlebihan. Naik turun tangga yang dilakukan tanpa prosedur yang baik berpotensi menimbulkan dehidrasi.

Jalan Santai

Jalan santai mampu memberikan manfaat, seperti mengurangi stres, menurunkan risiko asma, dan mendorong kreativitas. Jenis olah raga ini terbukti secara medis dapat menurunkan risiko penyakit kronis, melancarkan pencernaan, hingga menurunkan berat badan

Lakukan sekitar 15-30 menit menjelang waktu berbuka puasa agar ketika tubuh kelelahan, tidak perlu menunggu waktu lama untuk kembali mengisi energi. Jalan santai sangat baik untuk kesehatan otot tulang belakang dan jantung.

Disadur dari: Bolacom
Lansiran: Bolanet

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed