oleh

Bintan Bertambah Satu Pasien Positif Covid-19

Batambicara.id (27/3/2020)| Bintan, Kepulauan Riau – Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau bertambah satu orang lagi. 

Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan telah mencatat, seorang yang ditetapkan sebagai PDP adalah warga asal Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur.

Mengutip BatamNews, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, dr Gama AF Isnaeni mengatakan PDP di Bintan sudah tiga orang. Satu diantaranya dinyatakan negatif yaitu di Kecamatan Bintan Utara. Sedangkan dua lagi masih diisolasi di RSUP Raja Ahmad Thabib, Batu 8 Kota Tanjungpinang.

Sebagaimana yang dilaporkan dari Tim Gugus Percepatan Pencegahan Covid-19 di RSUP RAT Tanjungpinang.

  1. Pada hari Kamis tanggal 26 Maret 2020 telah dinyatakan 1 (Satu) orang warga dengan Inisial PK (65 Th, Lk, Alamat Kel. Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan) sebagai Pasien dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 oleh Dinkes Bintan di Kabupaten Bintan, Prov. Kepri.
  2. Adapun keterangan Kepala Dinkes Bintan dr. Gamma AF Isnaeni dalam penetapan Status PDP Positif Covid-19 tersebut sebagai berikut :

a. Bahwa PK (65 Th, Lk, Alamat Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan) mengalami Gejala Klinis Covid-19 (Virus Corona).

b. PDP tersebut diinformasikan telah mengunjungi Negara Malaysia dan kembali pada Tanggal 13 Maret 2020, melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

c. PDP mengalami gejala pneumonia covid berupa demam tinggi dengan suhu tubuh berkisar 38°C dan memiliki riwayat perjalanan pernah ke luar negeri (Malaysia) dengan agenda mengikuti kegiatan Jamaah Tabligh.

d. Pada Tanggal 24 Maret 2020 usai berkegiatan di Masjid Seijang dan di Masjid depan Polres Tanjungpinang selama 3 (Tiga) hari. Saat usai kegiatan PDP kemudian mendadak mengalami demam tinggi sehingga PDP memeriksakan diri ke Puskes terdekat.

e. Dari hasil pemeriksaan singkat, PDP dinyatakan memiliki gejala klinis Covid-19 dan Pihak Puskes berkordinasi dengan Pihak Dinkes Bintan.

f. Pada tanggal 25 Maret 2020 Pihak Dinkes Bintan dirujuk ke Rumah sakit umum provinsi (RSUP) Raja Ahmad Tabib (RAT) Tanjungpinang.

g. Pada tanggal 26 Maret 2020 Dinkes Bintan menetapkan PK (65 Th, Lk, Alamat Kel. Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan) sebagai PDP Positif Covid-19 dan segera berkoordinasi dengan BTKL terkait Perkembangan dan juga pemetaan hubungan pasien terhadap warga lainnya yang telah berhubungan dengan PDP.

Demikian sementara dilaporkan. MMP.

CATATAN

  • Bahwa dari hasil track record dan mengalami gejala klinis Covid-19, PK (65 Th, Lk, Alamat Kel. Kawal, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan) ditetapkan sebagai PDP Positif Covid-19 dan telah dilaksanakan tindakan Isolasi oleh Tim Gugus Percepatan Pencegahan Covid-19 di RSUP RAT Tanjungpinang.

dr Gama menerangkan, “PDP kedua warga Kelurahan Kawal yang menjadi jemaah tabligh akbar di Malaysia dan PDP yang terbaru atau ketiga adalah warga Kijang,” ujarnya, Kamis (26/3/2020).

Hasil swab PDP kedua belum diketahui sampai saat ini. Begitu juga yang menjadi PDP ketiga, meskipun swab-nya sudah diambil tapi belum diketahui hasilnya.

Untuk PDP asal Kijang itu, kata Gama, tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri seperti Malaysia, Singapura maupun negara lainnya yang banyak kasus wabah Covid-19. (BN) **

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed