BATAMBicara

Awalnya Menentang Keras, Kini Pembangunan Rumah Sakit Diterima Warga Galang

Batambicara.ID (17/3/2020) | Barelang, Batam – Pemerintah pusat berencana membangun sebuah Rumah Sakit untuk warga yang terpapar positif virus Corona (Copid-19) di Barelang. Tepatnya di Kelurahan Sijantung Galang, Batam.

Pada permulaannya warga sekitar sempat takut dan menentang keras di awal rencana pembangunan, namun kini warga Sijantung, Kecamatan Galang, Batam mendukung sepenuhnya pembangunan Rumah Sakit Khusus Corona di ex Camp Vietnam tersebut.

Dukungan itu baru bisa diberikan setelah warga mendapatkan beberapa kali sosialisasi dari Pemko Batam, jajaran TNI/Polri dan Dinas Kesehatan Batam.

Tokoh masyarakat Sijantung Ahmad Alpandi mengaku ketakutan warga adalah hal yang wajar di awal-awal menerima informasi rencana pembangunan rumah sakit tersebut.

Hanya saja, setelah pemerintah melakukan sosialisasi begitu juga jajaran TNI/Polri serta Dinas Kesehatan Batam, masyarakat semakin mengerti dan saat ini mereka mendukung sepenuhnya pembangunan rumah sakit tersebut.

“Semulanya kami sangat khawatir menerima informasi itu, karena belum disosialisasi. Namun sekarang kita sudah banyak mendapatkannya (sosialisasi). Ada beberapa kali, bahkan 10 kali kita mendapat sosialisasi tersebut. Jadi kita sudah mantap untuk mendukung rencana pemerintah,” kata Ahmad, mengutip Tribun Sabtu (14/3/2020).

Ahmad mengatakan, rumah sakit yang akan dibangun ini jauh dari pemukiman warga, dan dari segi medis juga sudah diberikan pengarahan bahwa penyebarannya sudah diperhitungkan.

Dia juga mengatakan dari segi keamanan dan kenyamanan semuanya sudah diperhitungkan.

“Jadi tidak ada lagi yang membuat kita khawatir. Lanjut Ahmad, Kami mempunyai kesimpulan tidak mungkin pemerintah menyengsarakan masyarakat Sijantung,” imbuhnya.

Dia juga mengatakan dengan pembangunan Rumah Sakit Khusus Corona di Sijantung ini merupakan harapan dan masa depan Sijantung agar semakin maju dan cemerlang.

“Kita bisa lihat saat ini dampaknya sangat kita rasakan,” katanya lagi.

Pantauan Batambicara.ID, terlihat para pekerja sedang mengangkat bahan material bangunan, membereskan pekarangan serta merapikan bangunan – bangunan yang dahulu pernah menjadi rumah kediaman bagi warga pengungsi masyarakat Viatnam tersebut.

Di tempat yang sama, Ketua pemuda Sijantung Soni juga mengaku sangat bersyukur atas dipilihnya daerah mereka yakni ex Camp Vietnam jadi tempat dibangunnya Rumah Sakit Khusus Corona.

“Kita sangat bersyukur,” kata Soni.

Dia menjelaskan, saat ini dampak yang pertama mereka rasakan adalah semua masyarakat Sijantung khususnya pemuda tidak ada lagi yang tidak bekerja.

“Semua warga yang belum bekerja, bisa dipekerjakan. Jadi kita sangat bersyukur”, kata Soni.

Dia juga mengatakan, dengan pembangunan Rumah Sakit Khusus Corona tersebut jaringan air ke ex Camp Vietnam sudah dibangun.

“Selama ini kita tidak punya suplai air. Jadi nanti kalau air sudah mengalir otomatis warga pasti bisa merasakan dampaknya, minimal kita dapat suplai air,” kata Soni.

Dia juga mengatakan, banyak hal positif yang akan mereka dapatkan dengan dipilihnya ex Camp Vietnam lokasi pembangunan rumah sakit ini.

“Yang jelas pemuda dan masyarakat Sijantung akan menjadi pekerja di sana”, ungkap Soni. **

Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed