oleh

Sering Diucapkan: ‘Segede Gaban’ Ada yang Tahu Istilah ini?

Batambicara.ID | Banyak diantara kita sering mengucapkan kata-kata istilah. Mungkin juga diantara kita ada yang mengetahui istilah-istilah ‘beken’ di zaman dulu. Masih ingat dengan istilah “Segede Gaban”?

Segede gaban muncul ketika mengidentifikasi sesuatu hal yang besar. Misalnya, benda atau postur tubuh teman kamu.

Istilah ini ternyata muncul karena adanya patung raksasa berukuran 11 meter bernama Gavan atau Gaban di taman rekreasi Dufan (Dunia Fantasi) pada tahun 80an-90an.

Gaban adalah superhero asal Jepang, dan menjadi serial televisi populer di Indonesia berjudul “Space Sheriff Gavan”. Tokoh ini di perankan oleh Kenji Ohba, di era 80an.

Sayangnya, patung Gaban sudah lama tidak ada di Dufan, namun Gaban akan selalu dikenang dengan istilah “Segede Gaban.”

Lalu kenapa disebut Gaban, bukan Gavan sesuai aslinya? Hal ini dikarenakan orang Jepang tak bisa melafalkan huruf ‘V’, dan akhirnya mereka menggantinya dengan huruf ‘B’, jadinya Gaban.

Setelah tahu siapa itu Gaban, kini kita kembali ke istilah segede Gaban. Ukuran Gaban sebenarnya tidak besar, melainkan seperti ukuran manusia normal, lalu kenapa disebut segede Gaban?

Namun hingga kini, siapa yang pertama kali menyebutkan istilah ‘segede gaban’ tersebut masih tandatanya. Tapi istilah tersebut sudah melekat di kalangan umum masyarakat Indonesia. **

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed