oleh

10 Hal Terlarang Saat Penyimpanan Handphone

Batambicara.IDSmartphone merupakan perangkat vital yang menjadi bawaan wajib saat beraktivitas di era digital. Saat ini seakan tak ada barang wajib lainnya yang menjadi prioritas selain smartphone. Namun sayangnya banyak pengguna lalai menjaga smartphone mereka seperti menyimpanan dan meletakkannya sembarangan.

Selain berbahaya bagi hardware ponsel, meletakkan smartphone sembarangan juga dapat memiliki dampak negatif bagi kesehatan organ dalam. Radiasi yang tinggi dapat merusak jaringan ataupun sistem yang ada di dalam tubuh manusia.

Melansir Selular.id, Berikut hal-hal yang harus diperhatikan meletakan smartphone Anda.

1. Jangan diletakan ditempat tidur

Hal biasa yang dilakukan saat bernajak tidur adalah memainkan smarphone, sehingga saat mengantuk Anda meletakannya sembarangan misalnya disebelah Anda, padahal ini dapat merusak smartphone Anda. Karena bisa saja smartphone tertindih badan Anda, dan sinyal radiasinya pun dapat mengganggu syaraf-syaraf kepala jika dibiarkan dalam jangka waktu ya lama dan rutin.

2.Jangan Simpan di Saku Baju Atau Celana Ketat

Hindari meletakkan ponsel di saku celana yang cenderung ketat dan saku baju. Jika hal ini dilakukan dalam jangka waktu panjang, maka dapat berakibat buruk bagi organ vital Anda seperti merusak kualitas sperma ataupun sel telur. Tentunya semua orang tidak ingin organ reproduksinya mengalami masalah hanya karena keteledoran yang dilakukan. Sementara di saku baju terutama di bagian dada tidak baik untuk jantung Anda, karena getaran yang ditimbulkan saat smartphone menyala atau aktif

3.Jangan Sering Diletakan dekat barang Elektronik

Jangan sering meletakan di depan televisi atau diatas lemari es karena getaran produk elektronik saat menyala mampu merusak komponen dan sinyal dalam smarphone Anda. Televisi, kulkas dan CPU diyakini mampu menghasilkan medan magnet kuat, yang akan membuat layar smartphone menjadi dead pixel dan flickering (kedipan).

4. Jangan disimpan dengan Layar Menghadap Bawah

Letakkan smartphone dengan posisi layar menghadap bawah. Selain bisa mengurangi intensitas melihat dan memegang smartphone, hal ini berguna untuk menghindari lensa kamera tergores. Pasalnya dibandingkan dengan layar smartphone, kaca pelindung lensa kamera lebih rentan tergores. Jika ada goresan di lensa kamera, setiap foto yang dihasilkan akan jelek dan tidak maksimal.

5.Jangan Letakan di Bagasi Motor

Ini cukup berbahaya, jika sepeda motormu dalam keadaan menyala, panas yang dihasilkan oleh mesin bisa menyebabkan panas pada ponsel. Bagian yang sangat rentan adalah layar ponsel karena terbuat dari liquid yang mudah rusak bila terkena panas yang berlebihan.

Selain itu, ketika sepeda motormu berjalan, kemungkinan besar getarannnya akan menyebabkan ponselmu terbentur. Apalagi jika melewati jalanan yang rusak atau memiliki banyak polisi tidur. Bila sering dilakukan, hal tersebut bisa mengakibatkan bagian dalam ponsel rusak. Bisa saja meledak. Karena panas atau terjadi konsleting pada komponen ponsel memungkinkan ponsel menjadi gagal fungsi dan meledak seketika.

Yang lebih berbahaya, bisa membakar sepeda motormu tanpa disadari. Karena ponsel yang berada dalam jok, kemungkinan ledakkan tidak terdengar. Posisi jok motor yang dekat dengan tanki bensin yang mudah terbakar juga bisa membahayakan bila meledak.

6. Dilarang Dekat Kunci Mobil

Dalam keadaan tertentu, ponsel yang digunakan dalam kendaraan akan memberikan dampak merusak terhadap peralatan elektronik kendaraan. Ponsel yang diletakkan terlalu dekat dengan kunci mobil ternyata bisa menghapus kode elektronik yang ada di kunci tersebut.

7. Jangan Posisikan Dekat Komputer

Komputer ponsel sama-sama memancarkan gelombang elektromagnetik. Jika berada dalam jarak yang dekat, maka keduanya akan saling merusak. Anda tidak ingin kan langsung kehilangan dua benda favorit anda ?

8.Jangan Simpan di Tempat Bersuhu Tinggi

Tempat bersuhu tinggi, kelembaban tinggi, berdebu merupakan kumpulan musuh ponsel.Mungkin anda tdk menyadari sering meletakan ponsel di dashboard mobil, dekat jendela bagasi.

9.Jangan Dekat Alat Pacu Jantung

Rumah Sakit memang bukan tempat yang baik untuk menggunakan ponsel. Selain alasan pasien butuh ketenangan, peralatan media seperti alat bantu dengar alat pacu jantung dpt terganggu. Jangan sampai anda membunuh orang dengan ponsel yang anda miliki.


10.Hindari Daerah Basah

Rasanya kita semua sadar betapa bahayanya air bagi ponsel. Air juga musuh kamera ponsel.. Apalagi saat musim hujan, bisa mengundang banyak resiko. Bagi pengendara sepeda motor, segera selamatkan ponsel anda dengan menyimpan di tempat yang kedap air saat hujan tiba. **

Gambar : istimewa/wordpress/google

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed