Regional

BMKG Angkat Bicara, Hujan Berhenti di Mandalika Bukan Karena Pawang Hujan

BATAMBicara | Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) angkat bicara terkait pawang hujan Rara Istiani Wulandari yang menjadi sorotan di perhelatan MotoGP Mandalika. Analisis BMKG, hujan di Mandalika berhenti bukan karena pawang.

“Ya sebenarnya kalau dilihat pawang hujan itu adalah suatu kearifan lokal yang dimiliki masyarakat. Secara saintis itu sulit untuk dijelaskan,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto (21/3).

Guswanto menuturkan BMKG memiliki prediksi tersendiri terkait prakiraan cuaca. Dimana sebelumnya, BMKG telah memprakirakan akan terjadi hujan di Mandalika dengan intensitas ringan hingga lebat pada 17-20 Maret 2022 karena adanya bibit siklon tropis 93F.

Meskipun ada momen hujan berhenti saat pawang hujan bekerja, Guwanto mengatakan itu merupakan kebetulan. Dia mengatakan hujan berhenti karena faktor durasi hujan yang sudah selesai.

“Dan buktinya, kan dari awal pawang itu sudah bekerja, tapi kan nggak berhenti juga. Artinya itu jadi sebenarnya kemarin waktu berhentinya itu bukan karena pawang hujan, karena durasi waktunya sudah selesai. Kalau dilihat prakiraan lengkap di tanggal itu memang selesai di jam itu. Kira-kira jam 16.15 itu sudah selesai, tinggal rintik-rintik itu bisa dilakukan balapan kalau dilihat dari prakiraan nasional analisis dampak yang kita miliki BMKG,” ujarnya. []

Inews 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button