BATAMBicara

Viral! Rekaman Wanita Oknum ASN di Medan Pungut Dana e-KTP, di Batam 4 Bulan Tak Kunjung Selesai

BATAMBicara | Mendadak viral di media sosial, seorang wanita diduga oknum ASN di Kantor Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, melakukan pungutan liar (pungli) untuk pengurusan e-KTP di wilayah tersebut pada Selasa (9/6).

Dalam video yang berdurasi lebih dari dua menit itu terlihat seorang wanita dengan pakaian putih berada di sebuah ruangan.

Mengutip AntaraNews, wanita tersebut menawarkan jalur cepat pengurusan KTP dengan cara membayar uang Rp100 ribu kepada seorang pria yang diduga hendak mengurus KTP.

“Mau yang cepat atau mau yang antri. Kalau yang cepat kena bayar Rp100 ribu, selesainya bisa dibilang seminggu. Kalau yang antre sebulan hingga dua bulan selesainya,” ucap wanita tersebut.

Mendengar tawaran yang dikatakan wanita tersebut, pria tersebut memilih untuk mengurus KTP dengan mengantri.

“Enggak perlu abang, kalau perlu lebih bagus cepat. Nanti abang bolak-balik nanya-nanya kapan siap,” ujar wanita itu lagi.

Sementara itu, mendengar rayuan yang dilakukan wanita tersebut, pria itu terpancing emosinya. “Sekarang bisa antre enggak bu,” ucapnya. Namun, lagi-lagi wanita itu menawarkan jalur cepat pengurusan KTP.

Kasus tersebut saat ini sedang ditindaklanjuti oleh pihak pemerintah setempat. “Sudah diperintahkan sama pak Bupati itu agar ditindaklanjuti Inspektorat. Kalau memang benar ya sudah pastilah ada sanksi yang akan dijatuhkan nanti,” kata Juru bicara Bupati Deli Serdang Haris Binar Ginting yang dikonfirmasi meda hari itu juga.

Empat bulan urus KTP Batam, tak kunjung selesai

Lain halnya yang dialami Sayuti di Batam, Ia mengurus pembuatan KTP untuk anaknya yang baru lulus SMA. Awal bulan Februari Sayuti mengantarkan anaknya ke kantor Camat Batam Kota untuk rekam e-KTP.

Saat antri untuk rekam e-ktp di Kantor Camat Batam Kota (dok: 12/2/2020)

Hingga saat memasuki bulan ke empat dari tanggal fhoto KTP, Ia sudah 3 kali pergi ke Kantor Camat, menanyakan KTP anaknya. Namun belum juga terbit.

“Anak Saya fhoto awal bulan Februari lalu, sudah 3 kali Saya ke Kantor Camat, setelah di cek sama petugas kedalam, belum juga selesai,” ungkap Sayuti kepada Batambicara.id, pagi ini. Rabu (10/6).

Disdukcapil Batam Siapkan Layanan Online Whatsapp 081270200432 Untuk Urus KTP Elektronik

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Batam telah mengurangi aktivitas pertemuan antar individu, dalam hal kepengurusan dokumen, terutama untuk KTP.

Ini sejalan dengan anjuran pemerintah untuk melakukan social dan physical distancing dalam rangka meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Selanjutnya, Pelayanan Disdukcapil yang biasanya tatap muka pun dialihkan ke sistem daring (online) melalui https://www.disdukcapilbisa.batam.go.id.

Guna memudahkan layanan pengurusan berkas kependudukan, Disdukcapil juga menyiapkan sarana berupa nomor Whatsapp khusus.

Kemarin kami sudah buka online. Namun sepertinya masyakarat ada yang kesulitan untuk mendaftar online tersebut, jadi kami coba buka melalui Whatsapp,” kata Kepala Disdukcapil Batam, Said Khaidar di Sekupang, beberapa pekan lalu. (**)

Editor: saut_bb

Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed