Pilihan Editor

SPRI akan Adakan Sertifikasi Kompetensi Wartawan di Batam

BATAMBicara | Batam – Ketua Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Kota Batam, Allan Suarsad membentuk Panitia Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW), yang akan diselenggarakan pada bulan Mei 2022, melalui Batam Journalist Commite (BJC) bersama pengurus SPRI Kota Batam.

Dalam kesepakatan tersebut membuat dan menyusun pengurus panitia pelaksanaan SKW yang berlangsung di Ruko Griya KPN Kelurahan Belian Kecamatan Batam Kota, Kota Batam Kepulauan Riau. Selasa (21/12/2021).

Hadir saat itu Ketua SPRI Kota Batam Allan Suarsad, Pengurus SPRI Kota Batam Bidang OKK, R. Sauthi, serta Wartawan dari beberapa media yang tergabung dalam Batam Journalist Commite.

Suarsad dalam pertemuan itu akan menindaklanjuti informasi perkembangan proses pelaksanaan SKW yang telah mendapat persetujuan tempat Uji Kompetensi (TUK) di Kampus Uniba Batam.

Selanjutnya Dia akan mengajukan susunan kepanitiaan yang telah di bentuk agar dapat persetujuan dari DPP SPRI Pusat untuk di SK kan.

“Setelah ini (panitia dibentuk), Saya akan berikan lampirkan kepada Ketua Umum di pusat, agar di SK kan, dan agar nantinya panitia bisa maksimal bekerja dengan interval waktu yang baik dari sekarang”, kata Suharsad.

Menurutnya, sertifikasi yang di miliki seorang wartawan adalah suatu pemberkasan administrasi yang resmi dan bisa di pertanggungjawabkan baik dalam proses menulis, sikap dan kelaikan dalam mengemban tugas sebagai jurnalis.

Dalam program SKW yang akan di laksanakan SPRI tersebut, disebutkan Suharsad terdiri dari 4 skema atau kategori sertifikasi wartawan yakni :

  1. SKW muda reporter
  2. SKW muda kameramen
  3. SKW Madya
  4. SKW Utama dengan syarat masing-masing berlaku.
    Dengan perbedaan skema dan kategori tersebut berpengaruh kepada besaran biaya, sehingga di sarankan Suharsad, agar para peserta dapat mengikuti jenjang yang sesuai dengan porsi dan kemampuan serta pengalamannya.

R. Sauthi, jurnalis salah satu dari media di Batam menanggapi pertemuan itu merasa bangga bahwasanya SPRI Batam akan bangkit dari kepakuman selama ini.

“Saya pribadi, baik dari OKK SPRI, juga atas nama media yang saya bawa memberi apresiasi serta akan mendukung sepenuhnya pelaksanaan SKW di Batam nanti”, pungkas Sauthi dari OKK SPRI Batam.

Struktur Kepanitiaan SKW Kota Batam:

Pembina : Allan Suharsad

  1. Ketua Panitia: Budiono
    Wakil Ketua: R. Sauthi
  2. Sekretaris: Irawan
  3. Bendahara: Nita
  4. Humas: Eko
  5. Teknis: Daniel
    Anggota: Saiful

(bjc/sauth)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button