oleh

WNI Di Jepang Malu, Kotak Suara Dari Kardus Di Ganti Acrylic Transparan

Batambicara.id (15/4/2019) | Pemilu 2019 kali ini memiliki kotak suara yang terbuat dari kardus dan sedang ramai dibahas di media sosial. Beragam macam ungkapan natizen yang disebar di media sosial.

Pembahasan soal kotak suara ‘kardus’ ini dipertanyakan oleh sejumlah netizen. Ada yang mempertanyakan dananya hingga keamanannya. Padahal biaya pemilu 2019 jauh lebih tinggi dibanding pemilu 2014 yang lalu.

Ketua KPU Arief Budiman saat menyegel/menggembok kotak suara yang terbuat dari kardus, (dok/suara/google).

Dikutip dari tirto.id, Pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp24,8 triliun untuk penyelenggaraan Pemilu dan Pilpres 2019.

Alokasi anggaran ini naik 3 persen atau bertambah Rp700 miliar dibanding biaya Pemilu dan Pilpres 2014 lalu yang mencapai Rp24,1 triliun. Pada 2018, pemerintah juga telah mengalokasikan anggaran pemilu sebesar Rp16 triliun. 

“Anggaran ini akan digunakan untuk membiayai agenda demokrasi yakni pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan anggota legislatif 2019,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada media di Jakarta, pada Kamis (16/8/2018), kala itu.

WNI di Jepang mengganti kotak suara kardus dengan acrylic transparan (dok/natizen/groupFB).

Kendati demikian, tentang kotak suara ‘kardus’ ini, warga Indonesia di Jepang merasa malu. Netizen menggunggah foto saat pemilu dilaksanakan di Jepang. Demi keamanan Surat Suara Rakyat, mereka mengganti Kotak kardus kiriman KPU Pemerintah Republik Indonesia dengan Kotak acrylic transparan yang bisa digembok. WNI yang sudah menggunakan hak suara pilihannya, juga sempat bertanya diakun milik pribadinya, Masa kertas kardus digembok?

“Kami warga negara Indonesia yang tinggal di Jepang malu dan dianggap bangsa kita terbelakang yang tidak menghargai suara rakyatnya” ungkapan beberapa natizen yang menyesalkan KPU menggunakan kotak suara dari kardus tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed