BATAMBicara

Tahun Ajaran Baru Kemendikbud Akan Ubah Masa Studi SMK Jadi 4 Tahun

BATAMBicara | Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana mengubah masa pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang sebelumnya tiga tahun menjadi empat tahun.

“Dalam waktu dekat, kami akan berinovasi dengan mengubah SMK menjadi empat tahun atau dihitung dengan diploma 1 atau diploma 2 untuk program studi tertentu,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud) Wikan Sakarinto, seperti yang dilaporkan Antara, yang diteruskan Kumparan. Kamis (11/6) .

Ia menyebut dengan lamanya SMK sehingga empat tahun, maka siswa memiliki cukup waktu untuk mendapatkan bekal sebelum terjun ke dunia usaha dan industri.

Siswa SMK juga harus mengikuti program praktik kerja di industri. Jika tidak ikut, maka tidak bisa lulus.

Wikan menambahkan, kurikulum SMK juga harus disesuaikan dengan kebutuhan industri. Hal ini agar dapat membangun kemampuan teknis dan nonteknis.

Kedepannya siswa yang sudah mengikuti pelatihan langsung kelapangan itu bisa menjadi fleksibel dan mampu bekerja di berbagai industri.

Selain masa belajar menjadi empat tahun, Kemendikbud juga melakukan yang lain demi meningkatkan kompetensi yang dicapai SMK.

Mulai dari kerja sama dengan industri, praktik kerja di industri, mengumpulkan kurikulum bersama industri, hingga meningkatkan kompetensi guru dan kepala sekolah nantinya.

Dalam waktu dekat, Kemendikbud akan melakukan rebranding sehingga lebih banyak yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang SMK.

“Dan ini tentunya meminta kepada orang tua siswa pelajar SMP agar memberitahukan dan mengenalkan SMK kepada siswa SMP,”tutup Wikan. (**)

Editor: saut/bb

Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed