BATAMBicara

Stikom Muhammadiyah Batam Terima Mahasiswa Baru, Ujian ‘Online’ dan Gratis

Batambicara.id (1/6/2020) | Batam – Ditengah Pandemi saat ini, Stikom Muhammadiyah Batam (SMB) menggunakan ujian masuk secara online saat Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).

Ujian masuk PMB-SMB gelombang pertama dilakukan mulai hari ini, 1 Juni sampai 3 Juni 2020. Selama ini SMB untuk penerimaan mahasiswa barunya masih menggunakan sistem offline dimana mahasiswa datang ke kampus untuk ujian.

Sekarang dengan kondisi pandemi saat ini, calon mahasiswa sudah bisa mengikuti seleksi PMB dengan mengikuti ujian berbasis online dengan cukup dirumah saja. Calon mahasiswa akan menjawab soal yang telah disediakan oleh panitia PMB di sistem ujian online. Terdiri dari soal:

1. Pengetahuan Umum

2. Pengatahuan Logika

3. Pengetahuan IT

Ujian online PMB ini tidak dikenakan biaya atau gratis.

Mohd Iqbal ST, M.Kom

Ketua Stikom Muhammadiyah Batam, Mohd Iqbal ST, M.Kom mengatakan, “untuk hari ini sudah banyak yang ikut ujian online dan kelulusan nya kita umumkan maksimal 3 hari setelah ujian online tersebut,” imbuhnya.

“Bagi calon mahasiswa yang telah resmi masuk perkuliahan di SMB, nanti akan ada banyak fasilitas-fasilitas didalam kampus yang terletak diwilayah Tembesi, Batu Aji, Kota Batam ini,” tambah Iqbal.

Kampus SMB juga memberikan beasiswa yang akan di tawarkan terdiri dari:

1. Beasiswa PPA

2. Beasiswa Bidikmisi

3. Beasiswa Lazis

4. Beasiswa Baznas

5. Beasiswa Kader Muhammadiyah

6. Beasiswa SMB

7. Kerjasama Mahasiswa dan Dosen

Ketika perkuliahan di semester 3 mahasiswa SMB rata-rata sudah bekerja. Dan ketika sudah menempuh di semester 6 mahasiswa sudah bekerja sesuai dengan bidang IT.

Setelah lulus mahasiswa SMB, lanjut Iqbal “rata-rata sudah naik grade di tempat mereka bekerja. SMB menginginkan lulusannya bisa bekerja sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Karena kurikulum disini mengikuti pekembangan kebutuhan lapangan kerja IT. 

Sampai sekarang beberapa perusahaan meminta lulusan SMB untuk bekerja di perusaan mereka, tetapi SMB kesulitan untuk memenuhi kebutuhan tersebut di karenakan seluruh lulusan SMB sudah bekerja,” jelasnya. (RoyCN/bb)

Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed