oleh

Walikota Batam: Tahun Ajaran Baru Siswa Tak Wajib Seragam Tertentu

Batambicara.id (10/5/2020) | Batam – Tahun ajaran 2020/2021 akan dimulai didunia pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) atau online. Hal itu untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dinas Pendidikan
Kota Batam, juga memberlakukan, PPDB tahun ini menggunakan sistem online dengan aplikasi. Hal ini untuk menghindari pada saat PPDB tidak ada lagi siswa atau orang tua yang berkumpul di sekolah.

Dalam pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru ini Walikota Batam HM Rudi menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 4 tahun 2020, tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat pandemi global Covid-19.

Untuk mencegah berkumpulnya orang tua dan siswa secara fisik di sekolah, maka Walikota Batam memberikan Surat Edaran Walikota Batam nomor 181 tahun 2020 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap resiko penularan infeksi Covid-19.

Pada Surat Edaran Walikota Batam tersebut, tentang penerimaan siswa baru dilakukan secara online baik sekolah Negeri maupun Swasta.

Poin selanjutnya Surat Edaran yang terbit tanggal 8 Mei lalu itu menegaskan kepada masyarakat, kepala dinas pendidikan, kepala sekolah PAUD, SD/MI, SMP/MTs baik Negeri maupun Swasta dan ketua yayasan pendidikan. Mengingat semakin menurunnya kondisi ekonomi masyarakat termasuk calon orangtua siswa peserta didik baru PAUD, SD/MI dan SMP/MTs akibat wabah Covid-19 di Kota Batam.

Maka penggunaan seragam sekolah bagi siswa peserta didik baru PAUD, SD/MI dan SMP/MTs Negeri/Swasta atau seragam tertentu bagi sekolah swasta untuk tidak mewajibkan penggunaan sampai keadaan kondisi ekonomi orangtua siswa membaik.

Pada kutipan poin berikutnya Walikota Batam menegaskan kembali melalui Surat Edaran tersebut, agar Kepala Satuan Pendidikan PAUD, SD/MI dan SMP/MTs Negeri/Swasta memahami dan menyampaikan informasi kepada seluruh orangtua calon peserta didik baru yang dinyatakan diterima. (Skn/bb) **

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed