oleh

Menanamkan Generasi Muda Cinta Masjid Dengan I’tikaf

Batambicara.id (23/6/2019) | Orang tua manapun sangat ingin anaknya mendapatkan pendidikan yang baik serta teman bergaul yang baik pula. Orang tua akan rela membayar berapun uang demi anak-anaknya sukses, baik di dunia lebih lagi sukses di akhirat pula.

Memasukkan anak ke pondok pesantren, asrama dan lain sebagainya agar si anak mendapat bekal ilmu untuk kedepan harinya. Namun tidak sedikit pula orang tua yang tidak bisa jauh dari anak-anaknya, dan bahkan tidak semua orang tua mampu memasukkan anaknya ke pondok pesantren.

Yayasan Masjid Al Muhajirin selain memiliki SDIT (Sekolah Dasar Islam Terpadu) juga memiliki sarana dan tempat untuk mendidik anak-anak agar selalu mencintai Masjid.

Masjid Al Muhajirin yang terletak di perumahan Mediterania Batam Centre ini setiap Sabtu malam rutin mengadakan I’tikaf (berdiam diri di dalam masjid dalam rangka untuk mencari keridhaan Allah SWT).

Ketua DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) Bambang Purnawan, mengatakan kepada Batambicara.id, perlunya kita mendidik dan membina anak-anak kita untuk bekal dia besar nanti dengan mengajak beri’tikaf di Masjid.

“Dengan begini (i’tikaf) yang kita adakan setiap malam Minggu anak-anak kita tidak akan nongkrong di warnet, atau tempat-tempat lain yang tidak ada manfaatnya.

Disini kita ajarkan mulai dari hal bersuci yang dasar, shalat, cara makan Rasulullah sampai ke cara tidur Rasul”, tutur Bambang.

“Gelar i’tikaf setiap malam minggu ini sudah lama kita adakan, sekitar 6 bulan yang lalu, puasa kemarin pun masih kita adakan jelang sepuluh akhir Ramadhan, setiap malam”, tambah Bambang.

“Hanya libur beberapa minggu karena Idul Fitri, dan libur sekolah, tapi tadi malam (23/6) kita mulai lagi, karena anak-anak sudah selesai ujian sekolah.

Rata-rata yang ikut anak-anak perumaahan Mediterania, mulai dari kelas 1 SD hingga SMP dan walau bukan sekolah di sini (SDIT Al Muhajirin), sekolah diluar pun ada yang ikut, karena anak-anak disini cukup dibilang ramai. Tidurnya pun kita kelompokkan sesuai dengan kelas mereka.

Kemauan mereka juga sangat antusias mengikuti i’tikaf ini, selain banyak teman dan mereka juga di bekali ilmu-ilmu agama”.

Program ini gratis, sengaja Masjid mengeluarkan infaknya buat program i’tikaf ini, karena juga buat anak-anak jamaah Mediterania dan juga di dukung oleh yayasan Al Muhajirin. tutur Bambang kembali.

Salah satu tenaga pendidik dan mengawal anak-anak i’tikaf di Masjid, Syawal juga mengatakan, “kita ajarkan mereka semua sesuai dengan tuntunan Rasulullah, baik ibadah shalat malam, tadarusan dan lain-lain.

Alhamdulillah semangat anak-anak ikut serta dalam program ini, serta di dukung para orang tua. Karena kami juga memberikan selembaran surat menyetujui kepada orang tua, dan membuat group whatsapp. Jadi orang tua juga bisa update, karena kami rekam dan dokumentasikan setiap mereka (anak-anak) melakukan kegiatan”, tambah Syawal.

Ada empat tenaga pendidik termasuk Syawal, Ustadz Nawir, Ustadz Rofi’ dan Bambang (DKM). Juga di bantu beberapa jamaah lain yang ikut beri’tikaf.

Semoga Diikuti Para DKM Masjid Lain

Program i’tikaf di Masjid Al Muhajirin Mediterania yang di galakkan oleh DKM ini mendapat apresiasi dari Forsil (forum silaturrahim) Kota Batam dan para penggiat dakwah.

Yudha salah satu penggiat dakwah Kota Batam mengatakan “syukur Alhamdulillah pengurus Masjid Al Muhajirin (DKM) sangat peduli dengan generasi muda Islam, yang menanamkan kepada mereka untuk mencintai Masjid dengan mengajak beri’tikaf dan belajar agama disana.

Semoga ini bisa di tiru oleh para pengurus Masjid lainnya di Kota Batam. Tidak hanya mengurus masalah pembangunan tapi juga membangun peradaban bekal ilmu untuk generasi muda Islam kedepan”. Ringkas Yudha. ** (Sk_tharen)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed