oleh

Doa Ringkas Naik Kenderaan Darat, Laut dan Udara

BATAMBicara | Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita agar senantiasa untuk selalu berdzikir dalam mengingat Allah SWT di setiap kesempatan. Ketika hendak bepergian misalnya, kita juga diajarkan untuk selalu berdoa memohon kepada Allah supaya diberi keselamatan ketika naik kendaraan yang kita tumpangi.

Doa Naik Kendaraan

Naik kendaraan bisa dalam bentuk apa saja, bisa kendaraan darat menyerupai mobil, motor, kereta, atau kuda; kendaraan laut menyerupai kapal laut dan perahu; serta kendaraan udara menyerupai pesawat terbang. Nah, lafal doa yang dipanjatkan ketika naik kendaraan-kendaraan tersebut akan kami bahas satu persatu di artikel kali ini. bagi Anda yang ingin mengajarkan doa naik kendaraan kepada anak Anda, silakan simak lafal bacaan arab, latin, dan artinya berikut.

1. Kendaraan Darat

Yang pertama yaitu doa naik kendaraan darat. Jika Anda hendak naik mobil, motor, sepeda, kereta, atau tunggangan berupa hewan, hendaknya Anda membaca doa berikut ini sebagai wujud rasa syukur atas kenikmatan yang diberikannya melalui tunggangan dan kendaraan yang telah ditundukan-Nya untuk Anda. Berikut ini lafal doa tersebut.

Doa Naik Kendaraan Darat

Latinnya : Subhaanal-ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa, wa maa kun-naa lahuu muqriniina, wa in-naa ilaa rob-binaa lamunqolibuun.
Artinya : Maha suci Tuhan yang telah menundukan kendaraan ini untuk kami, dan tiada kami akan mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada-Nya.

2. Kendaraan Laut

Sementaara jikalau Anda hendak naik kendaraan laut, menyerupai perahu, kapal laut, tongkang, dan lain sebagainya, berdoalah agar kendaraan tersebut dapat memulai perjalanan (berlayar) dan dapat sampai (berlabuh) dengan selamat. Berikut ini lafal doa naik kendaraan laut yang dapat Anda amalkan.

Doa Naik Kendaraan Laut

Latinnya : Bismillaahi maj-rohaa, wa mursaahaa. Inna robbii laghofuurur-rohiim.
Artinya : Dengan nama Tuhan yang telah menjalankan kendaraan ini sehingga dapat berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhan kami Maha Pemaaf dan Maha Pengasih.

3. Kendaraan Udara

Saat ini kita sudah mendapat perkembangan teknologi yang cukup maju. Kita sudah bisa menaiki kendaraan udara menyerupai pesawat terbang untuk menuju suatu tempat. Sementara itu, di zaman Rasululloh hidup dulu, kendaraan menyerupai ini tidak ada, sehingga doa naik kendaraan udara pun terang tidak ada. Kendati demikian, sebagian ulama berpendapat bahwa ketika naik kendaraan udara, hendaknya kita dapat membaca lafal doa sebagaimana doa naik kendaraan laut, namun diniatkan secara berbeda. Lafal doa tersebut yaitu sebagai berikut:

Doa Naik Kendaraan Udara

Latinnya : Bismillaahi maj-rohaa, wa mursaahaa. Inna robbii laghofuurur-rohiim.
Artinya : Dengan nama Tuhan yang telah menjalankan kendaraan ini sehingga dapat lepas landas dan mendarat. Sesungguhnya Tuhan kami Maha Pemaaf dan Maha Pengasih.

4. Doa Mohon Keselamatan Ketika Naik Kendaraan

Dalam perjalanan saat naik kendaraan, kita tentu tidak akan tahu bagaimana sesuatu akan terjadi pada beberapa waktu ke depan. Kita tentu sering mendengar adanya kecelakaan lalu lintas atau pesawat terbang. Agar kita terhindar dari keburukan-keburukan tersebut, berdoalah kepada Alloh supaya dapat diberikan dukungan dan keselamatan, terutama bagi Anda yang sedang dalam perjalanan jauh. Berikut ini lafal doa mohon keselamatan ketika naik kendaraan yang dapat Anda amalkan.

Doa Mohon Keselamatan Ketika Naik Kendaraan

Latinnya : Alloohumma innii a’uudzubika min jahdil balaa-i, darqisy syaqoo-i, wa suu-il qodoo-i, wa syamaatatil a’daa-i.
Artinya : Ya Allah, sesungguhnya gua berlindung kepada-Mu, dari keburukan bala (musibah), menemui kesengsaraan, qadla yang buruk, dan merasa senangnya musuh.

Nah, demikianlah kumpulan doa naik kendaraan yang dapat Anda amalkan ketika berada dalam perjalanan jauh. Semoga bisa diamalkan sehingga dapat menjadi sebuah amal yang baik. Jangan lupa ajarkan doa-doa tersebut kepada anak-anak Anda sehingga mereka dapat belajar sedari kecil ihwal bagaimana menjadi seorang muslim yang baik. (**)

Sumber: cintasunnahku.blogspot.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed