oleh

Hari ini Ummat Islam Rayakan Tahun Baru Hijriyah, Begini Mengisi Harinya!

BATAMBicara | Batam – Hari ini Kamis (20/8/2020) tepatnya tahun baru pada kalender Hijriyah (1 Muharram 1442) seluruh ummat Muslim didunia merayakan tahun baru. Berbagai cara dan amalan yang dilakukan ummat Muslim baik menyambut maupun mengisi hari dalam perayaannya.

Seperti Puasa Asyura tanggal 10 Muharram 1442 H dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2020.

Menurut para ulama Puasa Asyura yang dilaksanakan pada Bulan Muharram merupakan puasa yang istimewa.

Imam Syafi’i (150-204 H), misalnya menyebutkan Puasa di Bulan Muharam disunnahkan sebagaimana dijelaskan Imam Nawawi dalam Syarah Shahih Muslim.

Selain itu Al-Qurthubi, seperti yang dikutip As-Suyuthi dalam Ad-Dibaj ‘ala Shahih Muslim, menjelaskan bahwa Puasa Muharram lebih utama karena merupakan awal tahun dan merupakan amalan utama mengawali Tahun Baru Islam dengan berpuasa.

Puasa Tasu’a yakni sehari sebelumnya dan Puasa Asyura pada Muharramnya memiliki Keutamaan yaitu dapat menghapus dosa yang telah dilakukan selama satu tahun kemarin.

Hukum Puasa Tasu’a pada Muharram atau Asyura Sunnah berdasarkan hadits riwayat Imam Muslim. Di antara Keutamaannya adalah dapat menutup dosa setahun yang telah lewat.

Begitu pula disunnahkan Puasa 9 Muharram atau tasu’a, yang juga mengacu pada riwayat Imam Muslim.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Kalau saja aku hidup sampai tahun depan, niscaya aku akan berpuasa Tasu‘a“.

KH Sholeh Darat, dalam kitab Lathaifut Thaharah wa Asrarus Shalah, menyebut Muharram sebagai tahun baru sekaligus hari raya seluruh umat Islam.

Berbeda dari hari raya lain, 10 Muharram diperingati bukan dengan shalat melainkan dengan memperbanyak sedekah kepada kaum fakir miskin. Sepuluh Muharram merupakan momen untuk bergembira dan mensyukuri nikmat.

Pada tanggal 11 Muharram umat muslim juga disunnahkan Puasa untuk mengiringi Puasa Tasu’a dan Asyura dan tanggal 12 Muharram umat muslim disunnahkan berpuasa yang pada hari tersebut merupakan hari diangkatnya amalan manusia.

Pada tanggal 13, 14 dan 15 Muharram, umat Islam juga disunnahkan untuk berpuasa karena hari-hari tersebut merupakan Ayyamul Bidh.

Dalam kitab ‘Umdatul Qari`Syarhu Shahihil Bukhari dijelaskan bahwa sebab dinamai Ayyamul Bidh terkait dengan kisah Nabi Adam AS ketika diturunkan ke muka bumi.

Berikut doa Awal dan akhir tahun baru Islam:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed