oleh

Mobil Baru Suzuki Ertiga Dibanderol Rp 149 Juta, Pajak Bunga Nol Persen

BATAMBicara | Jakarta – Relaksasi pajak penjualan barang mewah (PPnBM) betujuan untuk mengakselerasi penjualan mobil baru di masa pandemi Covid-19.

Usulan ini pun sebelumnya sangat diinginkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Alasannya, sepanjang Januari hingga November 2020 penjualan pabrik ke diler turun 49,8 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu menurut data Gaikindo.

Penurunan sebesar 46 persen juga berlaku untuk penjualan ritel.

Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto memberikan perkiraan harga mobil tanpa pajak bisa turun sekitar 40 persen dari harga on the road saat ini.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita kembali mewacanakan relaksasi pajak mobil baru nol persen, namun usulan tersebut ditolak Menkeu Sri Mulyani pada medio 2020.

Menperin Agus mengatakan, “Presiden sudah setuju,” ucapnya pada akhir Desember lalu, yang dilansir Tempo.co, pada Sabtu (2/1/2021).

Meski begitu, menurut dia, Kemenkeu masih harus mempertimbangkannya.

Jika diterapkan, harga mobil baru di Indonesia akan terjun bebas. Menurut Gaikindo harga on the road mobil baru akan turun 20-40 persen.

Pada Januari 2020, Suzuki meluncurkan mobil MPV All New Suzuki Ertiga dengan perubahan minor.

Harganya on the road Jabodetabek mulai Rp 224,5 (tipe GL transmisi manual) dan Rp 235 (transmisi otomatis). Sedangkan untuk tipe GX harganya Rp 238,5 juta (manual) dan Rp 249 (transmisi otomatis).

Jika pajak mobil baru nol persen, harga MPV All-New Suzuki Ertiga paling mahal hanya sekitar Rp 149 juta.

Data Suzuki menunjukkan sepanjang 2019, Suzuki Ertiga membukukan penjualan ritel sebanyak 26.377 unit. Pada Desember 2019, penjualan model low multipurpose vehicle (LMPV) Suzuki ini diklaim tumbuh hingga 30 persen dibandingkan November 2019.

Harga on the road All New Ertiga varian tertinggi saat ini berdasarkan laman Suzuki adalah Rp251 juta. Tanpa pajak mobil, varian teratas mobil ini bisa turun harga berkisar Rp150,6 juta. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed