Organisasi

Masaga Kota Batam Peringati Harlah Pattimura 205 dan Halal bi Halal 1443 H

BATAMBicara | Batam – Malam Solidaritas Maluku-Ambon Islam Kristen se Kota Batam sekaligus memperingati Harlah (Hari Lahir) pahlawan Pattimura ke-205 dan Halal bi halal 1443 H, Keluarga Besar DPD Masaga (Maluku Satu Gandong) di Dataran Alun-Alun Engku Putri, Batam Center, Kota Batam, Sabtu (14/05/2022).

Acara yang dimulai pukul 20.00 Wib Hingga pukul 23.00 Wib tersebut bertemakan ”Malam Solidaritas Warga Maluku-Ambon Islam Kristen se-Kota Batam”. Diiringi atraksi pawai obor para pemuda maluku berprestasi dari Pasir Putih Ocarina Batam Center menuju lokasi acara dan memperlihatkan kemeriahan acara tersebut.

Selain itu juga ada beberapa pertunjukan tari-tarian dari masyarakat Maluku-Ambon Kota Batam dan Band pengiring Amadeus turut menghibur para tamu undangan.

Dihadiri seluruh masyarakat Maluku-Ambon se Kota Batam, Ketua DPD Masaga Kota Batam Cany Siahaya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ambon Drs. Agus Ririmase, AP. Msi.,
Kadis Pariwisata Kota Ambon, Rustam Hayat, SE, Msi.

Dari Pemerintah Kota Batam, hadir Wakil Walikota Batam Amsakar Ahmad, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Ardiwinata dan dari 20 Aliansi Media yang tergabung di GWI (Gabungan Wartawan Indonesia) Provinsi Kepri.

Daerah Maluku terkenal dengan seni budayanya salah satu adalah “Pukul Sapu”, dimana Wakil Wakilkota Batam Amsakar Achmad ikut dalam pertunjukan seni budaya itu sebelum memberikan kata sambutan.

Pendiri Masaga Leonardo menyampaikan, Kegiatan ini adalah yang perdana selama satu tahun Masaga di dirikan di Batam, harapannya semoga kegiatan ini dapat memberikan yang terbaik kepada anak-anak muda Maluku-Ambon yang ada di kota Batam.

Ketua DPD Masaga Cany Siahaya, juga menuturkan, tujuan dibentuknya Masaga di Kota Batam ini dapat merangkul semua pemuda Maluku dan Ambon yang berprestasi atau belum tersalurkan keinginan dan bakat masing-masing mereka.

Sekda Kota Ambon Drs. Agus Ririmase AP. Msi, mengatakan acara perayaan HUT Pattimura merupakan sejarah dimana setiap tahun nantinya akan dilakukan oleh putra-putri Maluku untuk mengenang nama pahlawan Pattimura. Dengan demikian warga Maluku-Ambon akan lebih harmonis mengingat beberapa tahun yang lalu kota Maluku sering terjadi bentrok antar suku.

“Semoga Hikmal (Himpunan Masyarakat Maluku) dan warga Ambon di Kota Batam dapat memberikan kontribusi dalam membangun Kota Batam. Tetap menjaga solidaritas, persaudaraan masyarakat Maluku dan Ambon. Tetap menjaga hubungan saudara kakak-adik, dan tetap solid masyarakat Maluku-Ambon di rantauan khususnya kota Batam. Disini saya juga menitipkan warga Maluku-Ambon kepada Pemerintahan Kota Batam” ujarnya.

Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad juga menuturkan bahwa selama ini masyarakat Maluku-Ambon yang menetepa di Kota Batam juga turut andil dalam perkembangan pembangunan Kota Batam.

“Masyarakat Ambon dan Maluku juga berkontribusi di Kota Batam, jangan katakan masyarakat Ambon dan Maluku Merantau di Kota Batam, tapi melainkan warga Batam yang berasal dari Ambon dan Maluku”, kata Amsakar.

Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad

Amsakar juga berpesan agar tetap menjalin hubungan dan kerjasama yang solid untuk pembangunan Kota Batam, baik dari berbagai suku, Ras dan agama yang ada di Kota Batam. (sauth/bbid)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button