oleh

Nuansa Kampung Betawi dalam Milad Fosiwaja Ke-27

BATAMBicra | Batam – Acara Milad Forum Silaturahmi Warga Jakarta (Fosiwaja) ke-27 tahun, bertepat pada hari Ahad (26/7/2020) kemarin, sangat berbeda kali ini, yang mana sebelumnya dilaksanakan di Kepri Mall. Kali ini Fosiwaja memilih suasana yang alami. Bertajuk ‘Nuansa Kampung Alami’. Bertempat di Kebun Duriangkang, tepatnya berseberangan jalan Pemadam Kebakaran Kota Batam.

Acara Milad yang berbeda kali ini diramaikan beberapa pagelaran tradisional masyarakat Betawi serta dihiasi Ondel-ondel Betawi dan tidak ketinggalan hidangan makanan khas Betawi seperti, Asinan, Selendang Mayang, Tape uli, Kerak Telor, Beer Pletok dan lain-lain.

Sekretaris Fosiwaja, Imam Satoto, mengatakan, Milad Fosiwaja yang ke-27 tahun kali ini memilih nuansa Kampung Betawi. “Kita pilih kebun ini (Duriangkang) karena melihat alamnya termasuk asri dan tentunya alami,” ungkapnya.

“Tadi pagi pukul 10.00 Wib, acara sudah dimulai dengan lomba mewarnai anak anak. Sengaja kita pilihkan tema, yakni dengan tema ‘Jakarta Ibukota Ku’, agar generasi yang lahir walau di luar Jakarta, lebih mengenal lagi Ibukota dan mencintainya,” tambah Satoto.

Sudah menjadi ciri khas masyarakat Betawi, setiap momen acara selalu dimulai dengan sambutan dan selingan pantun Betawi. “Ya, acara selingan pantun selalu kita sajikan di setiap acara apapun,” pungkas Satoto.

Hadir pada acara tersebut Senator, H Ria Saptarika (Anggota DPD RI) yang juga salah satu Pembina Fosiwaja Kepri.
“Babeh Ria dalam sambutannya merasa senang dengan Milad kali ini serasa lebaran Betawi. Beliau berpesan agar Fosiwaja tetap kompak dan menjaga nilai-nilai budaya dan agama sebagai ciri khas masyarakat Betawi khusunya, dan Jakarta pada umumnya. Sehingga Fosiwaja bisa terus eksis dan berkembang di masa depan,” Cang Satoto, (biasa dipanggil), menyampaikan sambutan Ria Saptarika.

Pembina Fosiwaja Kepri, H Ria Saptarika (Anggota DPD RI)

Selanjutnya kata sambutan oleh Bambang Royadi S.Pd, sebagai Ketua Pembina Fosiwaja Kepri.
Acara Inti yaitu pemotongan Tumpeng oleh Ketua Umum Fosiwaja Kepri Cang Muhamad Nuh S.Si, dibagikan kepada sesepuh dan mantan Ketua Fosiwaja kepri.

Seperti diketahui Fosiwaja lahir pada tanggal 25 Juli 1993, hingga saat ini sudah berusia 27 tahun.

Acara ditutup dengan do’a oleh Ustadz Abdul Lathief dan makan bersama serta Ramah Tamah. (is/bb.id)

Editor: saut/bb

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed