BATAMBicara

FS LEM-SPSI Desak Janji Gubernur Kepri

Batambicara.id (18/3/2019) | Batam – Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektonik dan Mesin (F SP LEM ) Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Mukakuning, Batam menggelar kembali orasinya di depan Kantor Graha Kepri Batam Centre.

F SP LEM menyampaikan tuntutan mereka di depan kantor Graha Kepri, Batam Centre.

Dalam menyampaikan tuntutan mereka yang damai siang ini, Senin (18/3/2019) menuntut dan mendesak Gubernur Kepri untuk segera menandatangani UMSK (Upah Minimum Sektoral Kota) yang mana telah di janjikan kepada F SP LEM, bulan Februari yang lalu.

F SP LEM menyampaikan tuntutan mereka

Namun hingga hari dimana mereka menggelar orasi yakni hari ini, tandatangan Gubernur belum juga di berikan.

Salah seorang participant aliansi Sauki ketika di temui batambicara.id saat menggelar orasi tersebut mengatakan “UMSK ini adalah bentuk keadilan bagi para pekerja, yang mana pekerjaan mereka, saya dan kami semua sangat memiliki dampak resiko yang tinggi, tentunya kami meminta kepada pejabat daerah untuk memperhatikan pekerja dan pekerja memiliki wadah ketetapan hukum tentang besaran gaji yang sesuai dengan pekerjaan tersebut”, cerita Sauki.

“Tidak mungkin gaji galangan kapal sama dengan gaji pegawai sebuah Mall. Bahkan surat rekomendasi dari walikota Batam tentang UMSK yang sudah dikirimkan ke Gubernur Kepri saat itu, di kembalikan lagi ke Batam”. Terang Sauki.

F SP LEM saat menyampaikan tuntutan mereka.


Dalam surat rekomendasi tersebut dilampirkan besaran UMSK sebagai berikut:

  1. Sektor 1 galangan kapal, Offshore dan onshore dan kimia sebesar 5% dari UMK 2019;
  2. Sektor 2 elektronik, elektrik sebesar 2% dari UMK 2019;
  3. Sektor 3 garmen sebesar 1% dari UMK 2019.

“Dengan di kembalikannya surat rekomendasi dari walikota Batam tersebut dengan dalih, meminta perwakilan pekerja dan pengusaha untuk berunding lagi. Penyampaian tuntutan kami tidak akan berhenti sampai hari ini, kami akan terus menyampaikan mulai hari ini, Senin (18 – 25 Maret) dan Kamis (21 – 28 Maret)”. Tutup Sauki yang mewakili participant aliansi ini. ** (saa)

Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed