oleh

5 Hal yang Dinanti di Laga Final Piala Menpora 2021

BATAMBicara, Indonesia – Gelaran Piala Menpora 2021 sudah di ambang usai. Tinggal tiga laga tersisa, yaitu dua laga final antara Persija Jakarta dan Persib Bandung dan satu laga perebutan tempat ketiga yang menautkan PSM Makassar dengan PS Sleman.

Laga yang paling dinantikan para pencinta sepak bola di seluruh tanah air tentu saja final. Apalagi, dua tim yang bertemu pada partai puncak itu punya sejarah rivalitas tajam. Tak sedikit yang menilai Persija vs Persib sebagai final impian di Piala Menpora 2021.

Pertemuan Persija dengan Persib pada dua laga final nanti pun diwarnai beberapa hal menarik. Berikut ini, BATAMBicara menyajikan 5 hal yang bisa dinantikan pada final Piala Menpora 2021 tersebut.

1. Menanti Juara Piala Menpora 2021

Persija Jakarta dan Persib Bandung akan berjibaku di final Piala Menpora 2021.
ligaindonesiabaru.com

Hal pertama dan utama yang dinantikan dari laga final nanti tentu saja tim yang akan tampil sebagai juara. Setelah melewati 6 pertandingan dari fase grup hingga semifinal, Persija atau Persib yang akan jadi juara?

Persija lolos ke final dengan catatan memetik 3 kemenangan, 2 kali imbang, dan 1 kali kalah. Tim Macan Kemayoran hanya gagal menang dalam waktu normal dari PSM Makassar. Pada fase grup, mereka kalah 0-2. Lalu, pada semifinal, dua kali mereka ditahan tanpa gol.

Adapun Persib melenggang ke partai puncak tanpa terkalahkan. Maung Bandung merebut 4 kemenangan dan 2 kali imbang. Hasil imbang didapatkan pada laga pertama fase grup saat melawan Bali United dan leg II semifinal menghadapi PS Sleman. Dua laga itu sama-sama berakhir 1-1.

2. Menanti Akhir Clean Sheet Persija

Perjalanan Persija Jakarta pada perhelatan Piala Menpora 2021 terlihat tidak meyakinkan. Dari 6 laga yang telah dilakoni, hanya 3 kali Marko Simic cs. memetik kemenangan dalam waktu 90 menit. Meskipun demikian, Macan Kemayoran punya satu catatan apik.

Persija tercatat mampu membukukan 4 clean sheet. Mereka tak kebobolan saat melawan Borneo FC, Barito Putera, dan dua laga lawan PSM Makassar pada semifinal. Tim asuhan Sudirman bahkan tak kebobolan pada fase gugur. Bila dirunut, gawang Andritany Ardhiyasa saat ini tak kebobolan dalam 333 menit.

Melanjutkan rekor tak kebobolan akan jadi tantangan tersendiri bagi Persija. Pasalnya, Persib tak pernah gagal membobol gawang lawan dalam 6 laga dari fase grup hingga semifinal. Mereka tetap bisa membuat gol bahkan ketika dipaksa tampil tanpa Wander Luiz dan Ezra Walian.

3. Menanti Clean Sheet Pertama Persib

Meskipun selalu mampu mencetak gol dalam 6 laga yang dilakoni pada Piala Menpora 2021, Persib Bandung punya satu catatan buruk. Tim asuhan Robert Alberts tak pernah clean sheet. Maung Bandung selalu saja kebobolan saat menghadapi semua lawan.

Tak satu pun dari I Made Wirawan, Teja Paku Alam, dan Dhika Bayangkara yang mampu membuat gawang Persib tak kebobolan. Dalam enam laga, Persib selalu saja kebobolan 1 gol dari setiap lawan yang dihadapi. Selalu saja ada kesalahan yang dibuat lini pertahanan Maung Bandung.

Akankah Persib mampu meraih clean sheet untuk kali pertama pada final nanti? Tentu saja ini menarik untuk dinantikan. Kemungkinan itu tidak tertutup sama sekali. Setidaknya, Persija gagal membuat gol dalam dua laga semifinal melawan PSM Makassar.

4. Menanti Kekalahan Pertama Alberts

Ada statistik menarik yang dimiliki Persib Bandung bersama pelatih Robert Alberts. Sejak ditangani pria asal Belanda itu, Maung Bandung ternyata belum pernah mengalami kekalahan. Dalam 9 laga resmi, mereka menuai 7 kemenangan dan 2 hasil imbang.

Pada Liga 1 2020 yang terhenti karena pandemi COVID-19, Persib meraup hasil sempurna dalam tiga laga. Hal itu berlanjut di Piala Menpora 2021. Persib melaju ke final dengan tak terkalahkan. Mereka meraup 4 kemenangan dan 2 kali imbang pada fase grup hingga semifinal.

Akankah rekor tak terkalahkan Persib berlanjut pada final Piala Menpora 2021? Ini tentu menarik untuk dinantikan walaupun sebenarnya impian Alberts adalah juara tanpa terkalahkan pada kompetisi liga.

5. Menanti Top Skorer Piala Menpora 2021

Hal lain yang juga dinantikan pada final Piala Menpora 2021 adalah kemungkinan pemain dari Persija Jakarta dan Persib Bandung menggeser Assanur Rijal “Torres” dari puncak daftar pencetak gol terbanyak. Saat ini, striker Persiraja Banda Aceh itu masih yang tersubur dengan 4 gol.

Dari kubu Persib, ada dua pemain yang berpeluang menyamai atau bahkan melewati torehan gol Torres. Mereka adalah Frets Butuan dan Ezra Walian yang sama-sama sudah mengemas 3 gol. Peluang terbuka karena masih ada dua laga dan pelatih Robert Alberts sangat mengandalkan keduanya.

Sementara itu, dari kubu Persija, pemain dengan koleksi gol terbanyak adalah Marko Simic dan Osvaldo Haay. Keduanya sama-sama telah 2 kali menjebol gawang lawan. Meskipun lebih berat dibanding Frets dan Ezra, peluang keduanya tetap saja tak tertutup karena Persib Bandung belum pernah clean sheet.

© 2021 BATAMBicara

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed