oleh

Baca Doa Awal & Akhir Tahun Bid’ah? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad, Ustadz Adi Hidayat & Buya Yahya

Batambicara.ID |Barangsiapa melakukan suatu amalan yang bukan berasal dari kami, maka amalan tersebut tertolak” (HR. Muslim no. 1718).
Untuk doa awal tahun dan doa akhir tahun sendiri tidak ada tuntunan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, tidak pula pernah dicontohkan oleh para sahabat radhiyallahu ‘anhum.”

Amalan seperti ini sebenarnya tidak ada tuntunannya sama sekali.

Anjuran untuk memanjatkan doa awal tahun dan doa akhir tahun ini juga tidak kita temui pada kitab-kitab hadits atau musnad.

Bahkan amalan doa awal tahun dan doa akhir tahun ini hanyalah karangan para ahli ibadah yang tidak mengerti hadits.

Yang lebih parah lagi, fadhilah atau keutamaan doa awal tahun dan doa akhir tahun sebenarnya tidak berasal dari wahyu sama sekali, bahkan yang membuat-buat hadits tersebut telah berdusta atas nama Allah dan Rasul-Nya.

Ustadz Aris Munandar melalui video di YouTube Yufid TV mengatakan bahwa bacaan doa awal tahun dan doa akhir tahun tidak ada tuntunannya dari Nabi SAW.

Menurut Ustadz Aris Munandar, penetapan awal dan akhir tahun atau kalender belum ada saat zaman Nabi Muhammad, tapi sudah ada nama-nama bulan.

Sehingga, satu hal mustahil dan tidak mungkin Nabi mengajarkan suatu amalan tertentu di awal dan akhir tahun.

“Oleh karena itu bisa dipastikan bahwa amalan awal tahun dan akhir tahun Hijriyah adalah amalan yang mengada-ada yang tidak pernah dituntunkan dan diajarkan oleh Nabi SAW,” ujar Ustadz Aris Munandar.

Dalil doa awal tahun dan doa akhir tahun menurut Ustadz Abdul Somad

Almukarom Ustadz Abdul Somad menyatakan dalil doa awal tahun dan doa akhir tahun menggunakan dalil umum saja.

Bahwa berdoa kepada Allah dengan meminta hal-hal yang baik, maka dalam hari-hari yang baik pun baca doa. Masuk bulan Muharram pun berdoa baik.

Berikut penjelasan Ustadz Abdul Somad dalam video (youtube)

Bagaimana memaknai tahun baru Hijriah?

Menurut Ustadz Adi Hidayat, di hari yang istimewa bagi kita semua karena masuk pada penanggalan baru, bulan baru, tahun baru, semoga dengan pergantian tahun ini kita mendapat rahmat Allah SWT. Dan dinilai ibadah-ibadah yang dilakukan ke belakang sebagai ibadah hanya kepadaNya.

Untuk memaknai tahun Hijriah Ustadz Adi Hidayat memberikan pengajaran seperti bisa dilihat dalam video berikut ini:

Apakah Membaca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Bid’ah?

Menurut Buya Yahya Albahjah dalam channel Youtube  Al-Bahjah TV mengatakan, bahwa berdoa diperbolehkan dan tidak ada istilah inovasi dalam berdoa ini, kecuali doa-doa yang diajarkan oleh Nabi.

Termasuk doa-doa untuk awal tahun dan akhir tahun, tidak ada bid’ah dalam doa.

Berikut penjelasan lengkap Buya Yahya, simak videonya berikut:


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed