Nasional

Demo BEM UI dan AMI Didepan Istana, Gedung DPR Kosong; Jokowi Kemana?

BATAMBicara | Jakarta – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) dan Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) menggelar demo di Jakarta pada Kamis (21/4/2022).

Sebelumnya, massa aksi unjuk rasa juga diramaikan dari kalangan buruh dan mahasiswa. Gabungan demonstrasi kali ini untuk menggeruduk ke Gedung DPR/MPR, Senayan.

Para orator dari atas mobil komando menyuarakan sejumlah tuntutan pada aksi demo mahasiswa dan buruh kali ini. Mereka membuat barisan persis didepan Gerbang Utama Gedung DPR/MPR, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat.

Dipantau dari akun Twitter BEM UI @BEMUI _Official, Kamis (21/4/2022) pagi, BEM UI menyebutkan bahwa dalam aksi kali ini, mereka membawa 7 Tuntutan Rakyat, diantaranya menolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden, kenaikan harga bahan pokok dan ketimpangan ekonomi.

“Bersama kita jaga konstitusi dan mengkritisi kondisi negara dengan menyuarakan tujuh tuntutan rakyat yang akan dibawa melalui aksi massa,” tulis BEM UI.

Aksi unjuk rasa hari ini dikabarkan akan terpusat di sekitar Istana Kepresidenan Jakarta, tepatnya di kawasan Patung Kuda serta di kawasan sekitar gedung DPR RI.

Disamping itu, ada kegiatan di Istana Kepresidenan Jakarta yang terpantau saat ini adalah Peringatan Hari Kartini Tahun 2022 yang dihadiri Ibu Negara dan Ibu Wakil Negara beserta para istri dari menteri Kabinet Indonesia Maju.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan jajarannya tidak tampak hadir dalam acara tersebut berdasarkan tayangan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Gedung DPR RI pun saat ini kosong karena para wakil rakyat tersebut sudah memasuki masa reses sejak 15 April hingga 16 Mei 2022.

Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Setyo Koes Heriyatno memastikan, unjuk rasa di Gedung DPR/MPR berjalan tertib dan damai.

“Demo kali ini berjalan dengan kondusif, untuk massa kooperatif dan mengikuti aturan,” kata dia di lokasi.

(**)

Bisnis/liputan6

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button