Nasional

Mahasiswa Indonesia Demo Harga Minyak dan Isu 3 Periode, di Jambi Jokowi Ngacir

BATAMBicara | Hampir dipastikan seluruh Mahasiswa Indonesia menggelar unjuk rasa. Dilakukan mulai didepan gedung DPRD tingkat 1, DPRD tingkat 2 hingga di depan gedung MPR RI Pusat Jakarta dan hingga ke Istana Negara.

Unjuk rasa ini dilakukan untuk memprotes mahalnya minyak goreng, kenaikan PPN, serta isu perpanjangan masa jabatan presiden.

Aksi demonstrasi mahasiswa yang diprakarsai oleh aliansi mahasiswa seluruh Indonesia sudah dilakukan sejak kemarin, (07/04/2022) di sejumlah daerah di Indonesia.

Demo ini didasari oleh penolakan rakyat untuk penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden 3 periode, serta kenaikan harga bahan pokok yang membuat perekonomian Tanah Air babak belur.

Aksi demo mahasiwa di sejumlah daerah sendiri berlangsung dengan ramai dan lancar. Meski begitu, ada juga yang sempat sempat ricuh. Pihak kepolisian juga sudah mengerahkan ratusan personel untuk mengamankan aksi mahasiswa tersebut.

Berikut beberapa potret aksi mahasiswa di berbagai daerah di Indonesia.

1. Demo Mahasiswa di Makassar

Demo Mahasiswa di Makassar (Twitter)

Ratusan mahasiswa Universitas Hasanuddin memadati Jl Perintis Kemerdekaan No Km 10, Makassar pada Rabu (06/04/2022). Aksi demo ini dilakukan sejak siang hari hingga menjelang waktu berbuka puasa.

Mereka melakukan demonstrasi dengan mengangkat tema “Reformasi Jilid II”, yang membuat publik teringat dengan demonstrasi besar-besaran tahun 1998 silam ataupun demo sejumlah RUU tahun 2020.

2. Demo Mahasiswa di Palembang

Demo Mahasiswa di Palembang (Instagram/@promopalembang)

Bukan hanya di Makassar, ratusan pendemo dari berbagai kalangan mahasiswa juga terjadi di Palembang. Mahasiswa tampak memenuhi daerah Kantor DPRD Provinsi Sumatera Selatan untuk menyampaikan berbagai tuntutan kepada pemerintah.

Mereka berasal berbagai universitas di Sumatera Selatan yang berkumpul memenuhi daerah DPRD sejak siang hingga menjelang waktu buka puasa.

Demi mengantisipasi kejadian tidak diinginkan, barikade dari pagar besi didirikan di depan gedung DPRD. Aksi unjuk rasa itu membuat berbagai jalan protokol di Palembang mengalami kemacetan.

3. Demo Mahasiswa di Cirebon

Demo Mahasiswa di Cirebon (Instagram/@cirebon.banget)

Ratusan mahasiswa di Cirebon berunjuk rasa di depan Balai Kota Cirebon, Kamis (7/4/2022), siang. Mahasiswa mengritik kenaikan harga kebutuhan pokok, energi hingga menolak jabatan presiden 3 periode.

Aksi bakar ban pun tidak terelakkan. Puluhan personel dari Polri pun ikut mengamankan aksi ini. Mereka  menuntut berbagai hal, termasuk kenaikan harga minyak goreng yang tidak sesuai dengan penurunan harga minyak di dunia.

4. Demo Mahasiswa di Jambi, Jokowi Ngacir

Demo Mahasiswa di Jambi, Jokowi Ngacir? (Twitter/@Android_AK_47)

Kunjungan kerja Jokowi di Jambi kemarin (07/04/2022) disambut dengan kericuhan mahasiswa yang ingin bertemu langsung dengan sang presiden. Mengetahui rencana mahasiswa ini, ratusan personel kepolisian memblokade daerah kunjungan kerja Jokowi.

Kala itu, Presiden Jokowi memang sedang bagi-bagi BLT minyak goreng di sekitaran Pasar Angso Duo Jambi. Ratusan mahasiswa pun bergerak menuju Pasar Angso Duo dan sempat bersitegang dengan pihak kepolisian.

Namun, perjuangan tersebut sia-sia karena PresidenJokowi sudah duluan meninggalkan daerah tersebut, sebelum kericuhan makin menjadi-jadi.

Suara

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button