oleh

Sensus Penduduk Online Berakhir, Penduduk Yang Belum Ikut Tak Perlu Panik

Batambicara.id – Dengan berakhirnya Sensus Penduduk secara Online maka bagi yang belum terdaftar, BPS akan mengadakan pendataan sensus pada bulan September 2020.

Untuk Informasi, Sensus Penduduk Online yang telah dilaksanakan sejak tanggal 15 February 2020 dan direncanakan berakhir pada 31 Maret 2020 telah diperpanjang hingga 29 Mei 2020 karena adanya wabah Covid – 19.

Adapun pendataan kependudukan yang akan dilaksanakan pada bulan September 2020 bukan merupakan sensus penduduk wawancara sebagaimana biasanya. Kepala BPS Suhariyanto pernah mengungkapkan perihal ini dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR beberapa waktu lalu

“Kami rencanakan September, tapi enggak yakin apakah Covid-19 akan selesai. Lalu ada efisiensi anggaran BPS sebesar 41%. Maka, tahun ini tidak ada sensus penduduk tatap muka,” kata Suhariyanto seperti yang dilansir dari Kontan.co.id.

Sebagai pengganti petugas sensus BPS yang seharusnya melakukan survei ke lapangan, BPS akan melibatkan semua Ketua RT untuk melakukan pendataan penduduk di wilayahnya.

Baru pada tahun 2021 BPS akan mengambil sampel sensus dengan pertanyaan yang lebih komplet

Terkait dengan sensus penduduk online yang telah berakhir, BPS belum bisa menyampaikan detail jumlah masyarakat yang sudah berpartisipasi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed