BATAMBicara

6 Orang Meninggal Dunia, 200 Luka-Luka Dalam Menuntut Keadilan Pemilu 2019

Batambicara.id (22/5/2019) | Jakarta – Kejadian Selasa dini hari di depan kantor Bawaslu Jakarta menyisakan luka yang mendalam bagi keluarga korban. Atas insiden yang pecah di wilayah Petamburan tersebut dinyatakan 6 orang meninggal dunia, 200 luka-luka.

Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan menjelaskan dalam kejadian subuh Selasa dini hari tersebut hanya diwilayah jalan MH Thamrin dan berpusat di depan kantor Bawaslu serta diwilayah Petamburan.

“Dinyatakan 6 orang meninggal dunia, 200 luka-luka, kita menyiapkan 5 rumah sakit yang siap melayani para korban yang tidak memiliki BPJS dan seluruh biaya pengobatan akan ditanggung pemerintah provinsi DKI Jakarta. Ada 81 orang dilarikan di rumah sakit Pelni, 55 orang dirumah sakit Tarakan yang tadi sudah diperbolehkan pulang oleh pihak rumah sakit”, terang Anis dalam wawancara bersama tv one, Selasa (22/5/2019).

Korban demontrasi dilarikan kerumah sakit terdekat, (dok/video/tangkapan layar).

Selain rumah sakit tersebut di atas, RSBK (Rumah Sakit Budi Kemuliyaan), RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo) dan rumah sakit Soewirto Rahardjo, siap memberikan pelayanan bagi para demontrasi yang berjibaku dengan petugas keamanan dari Brimob Selasa dini hari tadi.

Masa bentrok dengan petugas kepolisian, (dok/video/tangkapan layar).

Anis menambahkan “untuk kedua belah pihak agar menahan diri, dan masyarakat agar jangan mudah terpancing. Kejadian yang menewaskan 6 orang ini hanya di beberapa titik ibu kota, seperti di jalan MH Thamrin, Petamburan dan jalan Sudirman. Tidak semua wilayah Jakarta”.

Menjelang malam, masa orasi mempersiapkan diri untuk sholat berjamaah.

Kami memberikan jaminan kepada masyarakat ibu kota agar jangan mudah termakan isu yang belum jelas kebenarannya, dan kita ketahui, masyarakat diluar wilayah itu tetap menjalankan aktivitas mereka seperti biasa. Hanya perkantoran yang diwilayah masyarakat menyampaikan aspirasinya seperti didepan kantor Bawaslu yang tutup dan karyawannya tidak bekerja.

Ustadz Batam Pimpin Sholat Magrib dan Isya di Depan Kantor Bawaslu

Masyarakat yang menyampaikan aspirasi mereka tetap menjalankan ibadah puasa dan sholat magrib, isya serta taraweh secara berjamaah didepan kantor Bawaslu.

Setelah selesai sholat berjamaah di depan kantor Bawaslu.

Sholat magrib dan solat isya ini di imami ustadz Shobirin (dari Batam). Dalam via telepon Shobirin menjelaskan kepada batambicara.id, keadaan di Jakarta khususnya di depan kantor Bawaslu dan Petamburan saat ini sudah kondusif.

Amin Rais saat menunjukkan selongsong peluru yang ditemukan pasca terjadi bentrokan.

“Acara orasi damai di depan kantor Bawaslu di hadiri dua juta lebih masyarakat yang menuntut keadilan pemilu serentak 2019 ini dari penjuru Nusantara”. Adapun ulama yang hadir, kata ustadz yang selalu mengenakan gamis ini seperti, KH. Sabri Lubis, Habib Mughsin. Mereka yang orasi adalah tokoh nasional Amin Rais dan Slamet Ma’rif”.

Mahasiswa saat ikut menyampaikan orasi damai di depan kantor Bawaslu, (dok/video/tangkapan layar).

“Juga tambahan orasi oleh Miing dan seniman ‘#2019GantiPresiden’, Sang Alang. Serta perwakilan dari para tokoh daerah seperti, Aceh, Betawi, Madura dan Poso. Hadir juga para mahasiswa yang menyesakkan jalanan Jakarta Pusat ini, dan lain-lain. Tutup Shobirin menutup teleponnya yang bergegas akan memimpin (mengimami) sholat Isya. **



Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed