oleh

Tenggelamkan, Menteri Susi Menenggelamkan Kapal ‘illegal fishing’ Asing

Batambicara.id (5/5/2019) | Tenggelamkan – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti, memenuhi janjinya menenggelamkan kapal negara penjarah ikan Tanah Air, Vietnam. Susi telah menenggelamkan belasan kapal tersebut, Sabtu (4/5).

Lokasi penenggelaman kapal pencuri ikan atau illegal fishing, tersebut dilakukan di Pulau Datuk, Pontianak, Kalimantan Barat.

Dikutip dari Batamnews, sebanyak 26 kapal yang sudah ditenggelamkan Susi di Pontianak. Sabtu kemarin, penenggelaman dilakukan untuk 13 kapal terlebih dahulu dan sisanya akan ditenggelamkan pada hari ini, Minggu (5/5). Ini merupakan tahap pertama dari total 51 kapal yang akan ditenggelamkan.

Penenggelaman kapal illegal fishing beberapa waktu lalu (dok/KKP/BN)

“Kapal-kapal sudah kita bariskan untuk kita tenggelamkan besok,” ucap Susi dalam keterangannya dikutip kumparan, Jumat (3/5).

Sebelumnya, Susi merinci dari total 51 kapal tersebut sebanyak 38 unit kapal berasal dari Vietnam, 6 unit kapal Malaysia, 2 unit kapal Tiongkok, 1 unit kapal Filipina, dan sebanyak 4 kapal yang belum diketahui status asalnya.

Adapun rata-rata kapal tersebut berukuran 100-200 GT (gross ton) dengan lebar sekitar 6-7 meter. Tinggi kapal-kapal tersebut rata-rata mencapai 7 meter dan lebih.

Susi mengatakan, proses penenggelaman kapal pencuri ikan untuk tahap pertama akan dilakukan di Pontianak, Kalimantan Barat. Adapun kapal pencuri ikan yang ditenggelamkan sebanyak 26 unit yang berasal dari Vietnam. 

Selanjutnya, sebanyak 4 unit kapal illegal fishing akan ditenggelamkan di Batam, 3 unit kapal di Belawan, 12 unit kapal di Natuna, dan 3 unit kapal di Merauke. Susi mengatakan butuh 2 pekan untuk menenggelamkan seluruh kapal tersebut. (Batamnews) **

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed