oleh

Banjir Bandang Hantam Kabupaten Agam Sumbar, 10 Rumah Tertimbun

Batambicara.id (21/11/2019) Sumatera Barat – Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), semenjak hari Rabu (20/11), mengakibatkan banjir bandang. Dikabarkan satu orang tewas dan belasan rumah rusak akibat dilanda tanah longsor.

“Saat itu hujan deras, korban sedang memasang jaring ikan di Danau Maninjau. Diduga karena tergelincir, korban terjatuh ke danau,” kata Camat Tanjung Raya, Handria Asmi, Kamis (21/11/2019), mengutip detiknews.

Korban tewas disebut bernama Sutan Palindih (35). Longsor dan banjir bandang itu terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak Rabu (20/11) sore.

“Dalam catatan awal, ada dua rumah yang hanyut dan 13 lainnya mengalami kerusakan,” kata Handria.

Material longsor yang menimbun jalan dan rumah warga sedang dibersihkan. Tim gabungan dikerahkan untuk membuka jalan yang tertutup longsor.

“Tim sedang membersihkan lokasi dari material,” kata Staf Operasional Pusdalops BPBD Kabupaten Agam, Lukman Syahputra.

Akibat peristiwa tersebut kondisi jalan diwilayah Galapuang terputus. Diperkirakan 10 rumah terkena longsor, 3 yang rusak parah. Tiga rumah yang hancur tersebut akibat tertimpa materil longsoran berupa batu besar, pohon dan lumpur.

BPPD Kabupaten Agam beserta Satuan PP dan Petugas Pemadam Kebakaran di setiap Kecamatan Agam menginformasikan bahwa masyarakat telah di ungsikan dan malam ini tidak dapat bekerja akibat kondisi hari masih hujan deras. Besok (hari ini) dan seterusnya sangat di butuhkan alat berat, untuk membuka kembali lahan pertanian, tambak serta pemukiman yang terkena dampak longsor tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed