BATAMBicara

Maritim Malaysia Selamatkan Tiga Kru WNI, Kapal Tenggelam di Perairan Selat Malaka Karimun

Batambicara.id (2/11/2019) | Johor Bahru – Maritime Rescue Sub Centre (MRSC) Johor Bahru menyelamatkan tiga orang kru KM Tanjung Solop. Diketahui kapal tersebut terombang-ambing sebelum akhirnya tenggelam di perairan Selat Malaka, atau sekitar pulau Hiu Kecil di pulau Karimun Anak, Tanjung Balai Karimun (TBK) tepatnya 7 Nautika Mil (NM) lepas pantai Kukup, Johor Malaysia.

Diterjemahkan dari laman Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia, kejadian pukul 07.00 Wib, tanggal 1 November 2019. Pada titik koordinat 01 12.310 N – 103 24.460 E, akibat cuaca buruk.

KM Tanjung Solop dinyatakan tenggelam akibat cuaca buruk. Ketiga kru adalah warga negara Indonesia, bernama Syamsul Bahri (39), Ujang (45) dan Bain (45), tiga korban adalah warga Tembilahan, Riau.

Mereka diselamatkan oleh sebuah kapal pesiar mewah Genting Dream yang sedang melintas di perairan tersebut.

Maritim Malaysia telah menghubungi Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan (BASARNAS) Tanjungpinang, untuk mengevakuasi dan membawa mereka kembali ke Indonesia.

Kepala Seksi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang Eko Suprianto mengatakan, “Kita terima info dari kapal Penjaga Pantai MRCC Johor Bahru telah menemukan korban tiga orang terapung di Kapal Internasional dan selanjutnya melaksanakan Medevac,” katanya di Tanjungpinang, mengutip Surya Kepri.

Selanjutnya, kata Eko, Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi tiga orang korban dari KM Rawa (Penjaga Pantai Malaysia) ke kapal Polairud Tanjung Balai Karimun. Selanjutnya Tim SAR Gabungan tiba di Polsek Tanjung Balai Karimun untuk pemeriksaan dan perawatan medis. “Korban dalam keadaan selamat,” ungkap Eko.

Tim Penyelamat Pos SAR Tanjung Balai Karimun bersama 4 orang dan Polairud Polsek TBK telah tiba di pangkalan.

“Dengan berhasil dievakuasinya korban maka operasi SAR Medevac dinyatakan selasai dan dinyatakan ditutup,” katanya.

Dalam pencarian dan pertolongan ini bersama SAR gabungan Pos SAR TBK, Polres TBK, Polairud Polres TBK, MRCC Johor Bahru. Alat Utama digunakan Rib 02 Tanjungpinang, Peralatan Komunikasi dan peralatan lainnya. **

Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed