KriminalMaritim

Kronologis Tanker yang Dibajak Perompak Bersenjata Tajam di Pelabuhan Morosi

BATAMBicara | Sebelumnya diberitakan sebuah kapal Tanker jenis SPOB yang bernama Graha 21 di bajak oleh 6 orang kawanan perompak di perairan Morosi, Kabupaten Konawe, pada Kamis (6/1/2021) lalu.

Penyidik Direktorat Polisi Air dan Udara (Pol Airud) Polda Sulawesi Tenggara (Sultra), masih melakukan penyelidikan atas kasus pembajakan kapal yang sedang berlabuh jangkar tersebut.

Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Patroli Polisi Air dan Udara (Pol Airud) Polda Sultra, Komisaris Polisi (Kompol) Wahyu Adi Waluyo Sik, mengutip Kompas, mengungkapkan, pihaknya telah memeriksa nakhoda dan Anak Buah Kapal (ABK) kapal tanker SPOB Graha 21 yang menjadi korban dari peristiwa pembajakan di Perairan Morosi atau sekitar 1,5 nautical mile pada titik koordinator 03° 50′ 530″ Lintang Selatan. 122° 30′ 803 Bujur Timur, dari dermaga PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) Konawe.

Sedangkan untuk pengelola Pelabuhan Morosi, lanjut Wahyu, hanya diinterogasi dan belum dilakukan pemberkasan perkara atau BAP.

“Masih dalam proses lidik. Kami sudah olah TKP, belum ada penyitaan barang apapun dari perkara ini,” kata Wahyu, kepada Kompas.com saat dikonfirmasi via telepon, Senin (10/1/2022).

Ia mengungkapkan, para perompak sudah merencanakan pembajakan kapal tersebut. Belum dapat dipastikan apakah pelakunya merupakan kelompok profesional atau bukan.

Wahyu menambahkan, kapal tanker itu merupakan kapal penyuplai BBM untuk tongkang dan tugboat di sekitar kawasan industri Morosi, Kabupaten Konawe.

Kapal tanker itu milik perusahaan swasta, bukan bagian dari PT VDNI. Kapal itu berlayar dari pelabuhan laut Garongkong, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan.

“Lego jangkar sudah 6 hari di dermaga Morosi. Dan kapal ini memang sering beroperasi di Pelabuhan Morosi,” tutup Wahyu.

Peristiwa perompakan ini baru pertama kali terjadi di Perairan Morosi, karena itu, kata Wahyu, pihaknya akan meningkatkan patroli di Perairan Morosi.

Sebagaimana diketahui Perairan Morosi yang berada di kawasan industri ini, kerap dilayari ratusan kapal berbagai jenis, khususnya tongkang pengangkut ore nikel ataupun barang lainnya.

Dari WaG (Whatsapp Group) yang terima redaksi BATAMBicara memaparkan sebagai berikut:

1 2 3Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button