MaritimPeristiwa

Braking News! Pemberontak Houthi Bajak Kapal Kargo UEA, ABK WNI Ikut Disandera

BATAMBicara | Jakarta – Kapal kargo Rwabee milik Uni Emirat Arab (UEA) yang sedang dan mengangkut muatan berupa peralatan medis dan obat-obatan milik Arab Saudi dari Pulau Sokotra, sekitar 80 kilometer di timur Tanduk Afrika. Tepatnya di Laut Merah dibajak pemberontak Houthi Yaman, Ahad (2/1/2022).

Dalam kapal kargo Rwabee tersebut, sejumlah awak kapal ikut disandera. Salah satunya awak berasal dari Indonesia bernama Surya Hidayat Pratama, sebagai Chief Officer di kapal itu, belum diketahui nasibnya hingga kini.

“Iya betul, ada awak kapal ABK Indonesia yang ikut disandera di kapal kargo tersebut,”ungkap pendiri Perkumpulan Ahli Keamanan dan Keselamatan Maritim Indonesia (AKKMI), Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa SSiT., M. Mar. saat dikonfirmasi. Senin (10/1/2022).

Berdasar tayangan Youtube di saluran Radarekspres, Sabtu (8/01/2022), disebutkan, ABK Indonesia yang ikut tersandera di kapal tersebut merupakan warga Makassar. 

Kapal kargo Rwabee jenis Ro-ro milik Uni Emirat Arab (UEA) yang diduga dibajak pemberontak Houthi Yaman di Laut Merah, Minggu (2/1/2022).
Kapal kargo Rwabee jenis Ro-ro milik Uni Emirat Arab (UEA) yang diduga dibajak pemberontak Houthi Yaman di Laut Merah, Ahad (2/1/2022). ©Fleetmon.com

Istri ABK tersebut, Sri Rahayu, mengungkapkan harapannya kepada pemerintah Indonesia, Presiden Joko Widodo untuk dapat membantu pembebasan suaminya.

Dalam tayangan tersebut pihak humas Serikat Pelaut Sulawesi Selatan juga meminta perhatian serius pemerintah.

Sri Rahayu, istri Surya Hidayat Pratama, Chief Officer di kapal kargo Rwabee milik Uni Emirat Arab (UEA) yang dibajak pemberontak Houthi Yaman di Laut Merah, Minggu (2/1/2022).
Sri Rahayu, istri Surya Hidayat Pratama, Chief Officer di kapal kargo Rwabee milik Uni Emirat Arab (UEA) yang dibajak pemberontak Houthi Yaman di Laut Merah, Ahad (2/1/2022) ©istimewa.

Capt. Marcellus Hakeng Jayawibawa SSiT., M. Mar. mengungkapkan keprihatinan dengan peristiwa yang menimpa pelaut Indonesia tersebut.

Karena itu dia menyerukan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri untuk membantu pembebasan awak kapal Indonesia tersebut.

“Saya mendesak agar pihak-pihak yang memiliki otoritas agar bisa membuka jalur diplomasi yang dibutuhkan, agar bisa menyelamatkan warga Indonesia yang disandera,” ujarnya.

“Saya sangat mendukung langkah yang diambil oleh Serikat Pelaut Sulawesi Selatan (SPSS) yang telah berusaha menghubungi pihak KBRI di negara UEA.

“Langkah SPSS memberi angin segar bagi kepedulian untuk para pelaut dan keluarga tentunya, ” kata Capt. Hakeng di Jakarta, Senin (10/01/2022).

Capt. Hakeng menekankan, negara melindungi warga negaranya yang berada  di luar negeri termasuk terkait dengan tindak pelanggaran keadilan internasional ataupun peristiwa kejahatan yang menimpa warga negara.

Penbajakan kapal Rwabee
Peta perkiraan lokasi aksi pembajakan atas kapal kargo Rwabee milik Uni Emirat Arab (UEA) oleh pemberontak Houthi Yaman di Laut Merah, Minggu (2/1/2022).
1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button