oleh

Hari Nelayan Nasional, Yudi: Jaga Laut; Sejahtera Nelayan

BATAMBicara | Batam – Hari ini tanggal 6 April diperingati sebagai Hari Nelayan Nasional (HNN). Peringatan HNN tersebut telah ditetapkan pada tahun 1960 lalu sejak pemerintahan Orde Baru.

Hari Nelayan Nasional diperingati sebagai bentuk mengapresiasi jasa para nelayan Indonesia dalam upaya pemenuhan kebutuhan protein dan gizi bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia sekaligus sebagai bentuk pengingat untuk bersyukur dan memajukan kesejahteraan nelayan.

Sejatinya, Hari Nelayan merupakan tradisi turun-temurun untuk mengungkapkan syukur atas kesejahteraan hidup yang diberikan. Indonesia memiliki potensi perikanan yang sangat besar. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya penduduk yang bermata pencaharian sebagai nelayan.

Sebagian masyarakat wilayah di Indonesia ada yang membuat upacara. Bahkan upacara tersebut diisi dengan tarian tradisional dan pelepasan sesajen ke laut dengan harapan agar hasil tangkapan nelayan semakin meningkat. 

Upacara yang diselenggarakan setiap tanggal 6 April ini didasari oleh keadaan geografis Indonesia yang diapit oleh dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Oleh karena itu, sebagian daerah dalam menyikapi rasa bersyukur dengan melakukan berbagai upacara maupun ritual di laut.

Anggota DPRD Provinsi Kepri Yudi Kurnain, mengutarakan harapannya agar pemerintah menjadikan Hari Nelayan Nasional pada 6 April 2021, sebagai momentum untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir seperti nelayan.

“Selamat Hari Nelayan Nasional” tulis Yudi. Selasa (6/4/2021).

Yudi menambahkan, letak geografis Kepulauan Indonesia selalu mengantarkan limpahan rezeki hasil laut dan tangkapan-nya, karena itu sebagai bangsa maritim yang berjiwa pelaut sedari zaman nenek moyang, mari kita mengingat kembali dan mengapresiasi jasa-jasa para nelayan yang telah berjuang menerjang ombak demi menyajikan beragam jenis makanan laut dan kekayaan laut lainnya.

“Karena perjuangan para nelayan ini lah kita bisa kita nikmati (hasil tangkapan ikan laut) bersama,” tulis Yudi.

Yudi juga berharap kepada para nelayan khususnya pesisir agar senantiasa melestarikan sumber laut dan selalu menjaga ekosistem laut, agar profesi turun menurun itu bisa terwariskan kepada generasi selanjutnya, “semoga para nelayan semakin sejahtera dan bahagia,” terangnya. (yk/rs)

______________________________

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed