oleh

TB Bahari Perdana 8 dan TB King Fisher Kena Rompak di Sungai Mahakam

Batambicara.id (25/7/2019) | Kalimantan Timur – Perompakan tidak saja menyerang di tengah laut, kini perompak sudah menyerang diperiaran air tawar (sungai). Terjadi lagi disebuah kapal pada hari Rabu (24/7/2019) diperkirakan pukul 01.00 Wita, dini hari. Terjadi tindak kejahatan diatas kapal Tugboat (TB) Bahari Perdana 8, di perairan sungai Mahakam tepatnya daerah Harapan Baru.

Kronologi kejadian :
Hasil pulbaket diperoleh informasi bahwa ada kejadian TB Bahari Perdana 8 di naiki sebanyak 6 orang sebagai pelaku tindak kejahatan premanisme (perompak) di sungai Mahakam posisi Harapan Baru, Kalimantan Timur.

TB Bahari Perdana VI (ilustrasi) saat berlayar di sungai Mahakam, (dok/@husni-marine traffic.com)

Berdasarkan informasi bahwa pelaku sebanyak 6 orang naik ke atas Kapal TB Bahari Perdana 8, dengan masing-masing membawa senjata jenis mandau dan badik.

Kemudian pelaku menyekap kru dengan cara mengunci dari luar dan menjaganya disetiap pintu keluar kapal.

Selanjutnya perompak mengambil BBM (Bahan Bakar Minyak) Solar pemakaian kapal dari kamar mesin.

Gerombolan perompak tersebut meninggalkan TB Bahari Perdana 8, sekitar pukul 01.15 Wita.
Pelaku menggunakan perahu cepat dengan ciri-ciri biru tua menuju wikayah Harapan Baru.

Catatan :

  1. Hasil pulbaket dari informasi kru kapal bahwa pelaku diketahui sebanyak 6 orang bersenjatakan naik keatas kapal pukul 01.00 Wita, dengan menyekap kru agar tidak keluar pada saat pelaku mengambil BBM Solar pemakaian kapal,
    pelaku meninggalkan kapal pukul 01.15 Wita, dengan menggunakan perahu warna biru tua menuju Harapan Baru dengan membawa sejumlah derigen (galon) yang isinya Solar (belum diketahui berapa banyak liter Solar yang diambil). Diketahui Nahkoda TB Bahari Perdana 8, dalam proses Pengolongan pagi untuk menuju Vessel Muara Berau.
  2. Atas Informasi tersebut unit pulbaket meminta BA (Berita Acara) Nahkoda Kapal atas peristiwa kejadian yang di alaminya guna mengumpulkan bukti otentik atas kejadian (perompakan) kapal TB Bahari Perdana 8, di perairan sungai Mahakam Harapan Baru Samarinda, Kalimantan Timur.
  3. Perompakan yang terjadi diatas kapal TB Bahari Perdana 8, sama percis kejadiannya dengan TB King Fisher di Jetty BBE Loa Kulu. Hanya saja kejadian di Harapan Baru kru tidak sempat keluar karena sudah di ancam pelaku dan pintu kapal di kunci dari luar sehinga tidak dapat keluar. Sedangkan kejadian TB King Fisher pelaku yang berjumlah sama 6 orang tertangkap tangan oleh kru.
TB King Fisher saat doking (dok/ilustrasi/mess-takalar/blogspot)

Demikian informasi perompakan kapal Tagbuat di perairan Sungai Mahakam Harapan Baru Samarinda, Kalimantan Timur yang dirilis dari laman berita pelaut. Untuk kelanjutannya, nakhoda dan kru kapal TB Bahari Perdana 8, sedang membuat BA untuk dilaporkan kepada KSOP (Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan) setempat dan perusahaan pelayaran tempat mereka bekerja. **

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed