BATAMBicara

Kapal Kargo Korsel di Bajak di Selat Singapura

Batambicara.id (23/7/2019) | Kapal barang (kargo) CK Bluebell milik Korea Selatan (Korsel) diserang oleh bajak laut di dekat Selat Singapura, Senin (22/7/2019).

Seperti dilansir laman berita pelaut, menurut pejabat Kementerian Maritim dan Perikanan Korsel, dilaporkan kantor berita Yonhap, para pembajak yang dilengkapi dengan senjata api menyerang kru dan merebut kapal berbobot 44.132 GT itu sekitar pukul 04.25 waktu setempat.

“Biasanya kapal melaju dalam kecepatan di bawah 15 knot. Tapi kapal yang digunakan para bajak laut mendekat dengan kecepatan di atas 20 knot. Setelah itu, tujuh pelaku yang memegang senjata naik kapal dan menyerang para kru selama sekitar 30 menit,” kata pejabat kementerian, seperti dilaporkan kembali Bernama.

Mereka meminta uang tunai sebesar 13.000 dolar AS atau sekitar Rp179 juta.

Tak ada korban tewas dalam penyerangan ini, namun beberapa kru mengalami luka ringan, seperti memar. Kru yang terluka sempat terlibat perkelahian dengan para pelaku.

Selain membawa kabur uang yang diminta, mereka juga merampas beberapa barang berharga milik kru, seperti telepon genggan, pakaian, dan sepatu.

Kapal yang dalam pelayaran dari Brasil menuju Incheon itu kembali melanjutkan perjalanan setelah dirompak.

Pejabat itu mengatakan, kementerian telah menyampaikan berita penyerangan ini ke semua kapal Korsel yang melintas di dekat Selat Singapura dan meminta mereka untuk waspada. **

Redaksi Batam Bicara

Komentari Berita

Most popular

Most discussed