Kriminal

Menipu Pembeli Rumah Rp166 Juta, Developer Perumahan The Hill Residence TPI Ditangkap Polisi di Batam

BATAMBicara | Batam – Tim Satreskrim Polresta Tanjungpinang (TPI) menangkap seorang developer Perumahan The Hill Residence Tanjungpinang. Pelaku bernama Rini K ini ditangkap, lantaran nekat menipu konsumennya yang mencapai angka ratusan juta rupiah.

Kasatreskrim Polresta Tanjungpinang, AKP Awal Sya’ban Harahap mengatakan pelaku Rini ditangkap di Perumahan Mediterania Kota Batam, pada Ahad (15/5/2022) kemarin.

“Setelah melakukan penyelidikan, menetapkan bahwa Rini K merupakan tersangka dalam perkara dugaan penipuan dan penggelapan,” ujar AKP Awal. Selasa (17/5/2022).

AKP Awal menerangkan, kejadian ini bermula dari korban berinisial H membeli rumah di Perumahan The Hill Residence Type 38 Blok Topas nomor 16, di Jl Hanjoyo Putro Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Saat itu, kata AKP Awal korban membeli dengan cara membayar cash bertahap senilai Rp 166.680.000, yang merupakan milik pelaku Rini. “Pembayaran pertama pada 30 Juni 2015 lunas tanggal 10 Februari 2016,” ungkapnya.

Namun, pelaku Rini tidak kunjung melaksanakan AJB, bahkan membuat korban berang dan meminta sertipikat terhadap rumah yang sudah dibeli tersebut pada Agustus 2017.

Disini pelaku malah menyebutkan sertipikat yang diminta oleh korban sudah diagunkan di Bank Duta Kepri sejak 19 Oktober 2016, untuk pinjaman modal usaha.

“Pelaku juga bermasalah dengan kredit pinjaman sampai pihak Bank Duta Kepri bermaksud menyemprot rumah tersebut. Atas perbuatannya, pelaku Rini terancam Pasal 378 dan atau Pasal 372 K.U.H.Pidana,” tutur AKP Awal. (dm/bbid)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button