Khazanah

Islam Mengajarkan: Cara Menembus Dosa Orang yang Sudah Meninggal Dunia

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang sholeh

BATAMBicara | Orang meninggal tempatnya adalah di alam barzah. Di alam barzah orang meninggal dunia akan mendapatkan siksaan ataupun nikmat sesuai dengan amalnya selama hidup di dunia.

Orang yang sudah meninggal sangat berharap kiriman doa maupun sedekah dari keluarganya yang masih hidup.

Islam mengajarkan cara yang dapat dilakukan seorang muslim untuk menebus dosa kepada orang yang sudah meninggal dunia adalah mendoakannya. Doa dari seorang muslim yang masih hidup kepada mukmin yang telah meninggal dunia merupakan amalan jariyah bagi yang telah pergi.

Dalam sebuah Hadist shohih:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang sholeh.” (HR Muslim).

Cara lain yang dapat dilakukan adalah menyambung silahturahmi dengan karib kerabat. Hal ini sesuai Hadist yang diriwayatkan dari Ibnu Umar RA yang menyatakan pentingnya silaturahmi.

“Bentuk kebaktian kepada orang tua yang paling tinggi, menyambung hubungan dengan orang yang dicintai bapaknya setelah ayahnya meninggal.” (HR. Muslim)

Dikutip dari situs Islamweb, cara menebus dosa terhadap orang yang sudah meninggal lainnya adalah membicarakan hal baik atau memujinya. Cara ini cocok bagi yang tanpa sadar memaki atau ngomongin jenazah atau orang yang sudah meninggal di belakang. (**)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button