Khazanah

15 Masjid Mengikuti Pelatihan Manajemen Masjid Bersama Forsil PKM

BATAMBicara | Batam (12/9), Akademi Manajemen Masjid Indonesia (AMMI) sebuah lembaga dibawah naungan Forum Silaturahim Penggerak Kemakmuran Masjid (Forsil PKM) sukses melaksanakan program perdananya Pelatihan Manajemen Masjid dengan tema Pemetaan dan Pengelolaan Potensi Masjid bertempat di Masjid Attaubah Batam.

Pengurus AMMI memilih Masjid At-Taubah Batam, menjadi tuan rumah pelaksanaan perdana Pelatihan Manajemen Masjid ini, kegiatan dilaksanakan di Ruang Serbaguna SDIT At-Taubah.

Dr. Hardi S. Hood menyampaikan sambutan dan arahan saat Pelatihan Manajemen Masjid, Ahad (12/9)

Acara dimulai dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an dengan hiikmat yang dilantunkan oleh Santri PPTQ At-Taubah.

Pelatihan Manajemen Masjid Angkatan Pertama ini diikuti oleh 30 orang peserta dari 15 Masjid di kota Batam yang telah mendaftar sebelumnya sesuai dengan target panitia.

Sebelum pelatihan dimulain Dr. Hardi S. Hood, selaku Ketua Dewan Syuro Forsil PKM dan Dr. Tahir Abu, Lc.MA memberikan sambuta dan arahan kepada para peserta.

Ketua Forsil PKM Ust. Muh. Tahir Lc,.MA menuturkan bahwa Masjid At-Taubah dipilih menjadi tuan rumah Pelatihan Manajemen Masjid karena dianggap telah menerapkan manajemen masjid dengan baik berdasarkan RENSTRA dan Pola Pemetaan Potensi Masjid, sehingga dapat dilihat perkembangannya yang begitu pesat hingga saat ini, terutama dalam pendidikan dan dakwah. Masjid At-Taubah adalah salah satu masjid yang ada di Kota Batam yang telah memiliki pengeloaan keuangan yang baik, sehingga pada kesempatan ini peserta pelatihan dapat menjadikan momentum untuk dapat belajar lebih banyak. Sebagaimana kita kita ketahui bahwa Masjid At-Taubah ini adalah merupakan sentral kegiatan Yayasan Waqaf At-Taubah Batam, baik pendidikan, biro usaha maupun SPZnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Batam, Dr. H. Zulkarnaen Umar, SAg, MH.

Serangkaian acara mengisi kegiatan ini diantaranya penguatan visi & misi masjid, pengelolaan manajemen masjid, pemetaan potensi masjid (pengisian borang dan diskusi), belajar dari Masjid At Taubah, sharing rencana program kerja masjid dan penutup serta penyerahan sertifikat pelatihan. Adapun narasumber dalam pelatihan ini adalah Coach Febriansyah, Bimo T. Prasetyo dan Ir.Moch. Arief.

Peserta Pelatihan adalah berasal dari Pengurus Yayasan dan Masjid Se-Kota Batam dengan perwakilan Masjid/Yayasan maksimal 3 orang untuk mengikuti pelatihan ini.

Ketua Yayasan, Bapak Wahyudi, ST dan Direktur Pendidikan Yayasan Wakaf At-Taubah, Bapak Ir. Moch Arief turut menghadiri acara. Salah satu pengurus AMMI dan juga anggota Dewan Syuro Forsil PKM Ayub Baso yang juga Ketua DKM At-Taubah menjelaskan bahwa Spirit kegiatan pelatihan ini adalah “Dengan Masjid Jamaah Bangkit“.

Ayub Baso menegaskan, dengan pelatihan ini diharapkan masjid-masjid yang ada di Kota Batam tidak hanya sebatas pelaksanaan sholat fardhu dan Perayaan Hari Besar Islam semata, akan tetapi bagaimana para DKM dapat memanfaatkan potensi masjid yang dimiliki dengan tata kelola masjid yang baik dapat mengembangkan sektor yang lain seperti Pendidikan, Dakwah, Usaha, maupun kegiatan sosial dan pemberdayaan ekonomi warga sekitar karena dalam kepungurusan Masjid kita harus mampu memilik 3 aspek penting yakni: Idharo, Imaroh dan Ri’ayah.

Mari bersama-sama kita makmurkan masjid dengan shalat berjama’ah lima waktu dan berbagai kegiatan keumatan di masjid. Semoga dengan adanya pelatihan ini masjid-masjid di Kota Batam khususnya menjadi semakin lebih maju serta semakin baik dalam manajemen dan pengelolaannya, semakin ramai jama’ah yang mengisi masjid sehingga masyarakat merasakan manfaatnya ungkap Febriyansyah salah satu pemateri di kegiatan ini. (BBID)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button