oleh

Waspada Usia Muda Risiko Terkena Stroke, Lakukan Cara Berikut Ini

BATAMBicara | Usia muda tidak menjamin penyakit Stroke tidak bisa dialami, oleh karena itu, pencegahan dini dan selalu waspada terhadap kesehatan bisa menekan penyakit peringkat ke-3 penyebab utama kecacatan di seluruh dunia ini.

Berdasarkan data WHO (World Health Organization) tahun 2016, penyakit Stroke menempati peringkat ke-3 penyebab kematian di Indonesia. Penyebab Stroke paling utama dan sering terjadi adalah karena tekanan darah tinggi atau hipertensi yang dibiarkan terlalu lama, akan ada risiko pecah pembuluh darah di daerah Otak, itulah awal mula terjadinya Stroke. Juga menyebabkan cacat permanen pada penderitanya.

Melansir dari express.co.uk, sekitar 50 persen kasus Stroke dapat dicegah. Berikut adalah beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk mencegah stroke :

1.Diet

Salah satu cara terbaik untuk mencegah stroke adalah dengan makan makanan yang sehat. Mengkonsumsi makanan sehat akan menurunkan kemungkinan tiga kondisi kesehatan yang sangat terkait dengan Stroke, yakni kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan kegemukan. Ini berarti Anda perlu makan rendah lemak dan tinggi serat sebanyak mungkin.

-Garam
-Ikan kalengan dalam air garam dan ikan asap
-Daging kalengan, bacon, dan sosis
-Mentega, minyak, olesan lemak penuh, dan krim Keju
– Keripik dan saus Kacang asin
-Biskuit manis
-Sup kemasan, kaldu dan saus
-Keripik, kue kering, dan kue Sereal manis atau tinggi garam, seperti cornflake
-Makanan siap saji

Makanan yang baik dikonsumsi:

-Makanan yang dibumbui dengan bumbu rempah-rempah dan lemon Ikan segar, dan ikan kaleng dalam air
-Telur
-Daging tanpa lemak, seperti ayam dan kalkun
-Minyak zaitun dan minyak lobak dalam jumlah kecil
-Keju Cottage
-Kerupuk dan kacang tanpa garam
-Buah segar dan kering
-Sup dan kaldu buatan sendiri
-Kentang, pasta merah dan nasi
-Roti berserat tinggi atau rendah garam -Sereal sarapan gandum utuh, seperti bubur dan muesli tanpa pemanis -Sayuran segar atau beku, kacang-kacangan dan miju-miju.

2.Olahraga

Alat pencegahan utama lainnya terhadap Stroke adalah dengan melakukan olahraga sedang secara teratur. Ini berarti menjadi aktif selama 30 hingga 60 menit setiap hari, yang akan secara dramatis menurunkan risiko Stroke.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed