oleh

Delapan Cara Sederhana Menjaga Ginjal Tetap Sehat

BATAMBicara | Peringatan Hari Ginjal Sedunia (11 Maret) kemarin, tak hanya bicara soal betapa besar biaya perawatan atau jumlah pasien penyakit ginjal kronik. Hari ini juga sebagai pengingat bahwa sangat penting menjaga kesehatan ginjal.

Ketua Umum Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri), Aida Lydia menjelaskan organ seberat 160 gram ini memiliki banyak fungsi buat tubuh.

“Ginjal ini organ pembersih darah. Ginjal mengeluarkan limbah metabolisme seperti ureum, kreatinin dan lain-lain, limbah dibuang melalui urine, mengatur keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit darah. Ginjal juga bertugas membuat hormon,” kata Aida dalam webinar ‘Peringatan Hari Ginjal Sedunia 2021’, melansir CNN Indonesia. Rabu (10/3).

Mengingat fungsinya yang beragam dan penting, Aida pun memaparkan ada 8 langkah yang sederhana untuk menjaga kesehatan ginjal.

1. Jaga aktivitas fisik

Saat aktivitas fisik terjaga, aliran darah pun lancar. Aida berkata olahraga akan membantu membakar kalori sehingga menghindari kelebihan berat badan hingga obesitas. Obesitas, lanjutnya, merupakan salah satu faktor risiko penyakit ginjal dan jantung.

2. Kontrol gula darah

Gula darah musti terkontrol sehingga terhindar dari risiko diabetes. Kemudian untuk pasien diabetes, kontrol gula darah akan menghindarkan dari risiko komplikasi termasuk komplikasi pada ginjal.

“Jika perlu minum obat, minum obat secara teratur agar tekanan darah terkontrol. Ada persepsi yang tidak tepat kalau minum obat itu bisa merusak ginjal. Yang betul, obat tidak merusak ginjal, tetapi yang merusak ginjal itu penyakitnya,” jelas Aida.

3. Kontrol tekanan darah

Seperti halnya gula darah, tekanan darah pun harus terkontrol terlebih pada pasien hipertensi. Biasanya pasien hipertensi memiliki obat yang dikonsumsi rutin sehingga tidak boleh terlewat. Tekanan darah pun perlu diukur, bukan dirasa-rasa atau dikira-kira.

4. Makanan yang sehat dan gizi seimbang

Sebaiknya konsumsi makanan dengan gizi seimbang termasuk karbohidrat, protein, lemak, serat juga vitamin dan mineral. Menurut Aida, pada prinsipnya, pemenuhan kebutuhan nutrisi ini tidak kurang dan tidak berlebihan.

5. Jaga asupan cairan

Bicara soal ginjal selalu bicara soal kebutuhan cairan. Anda akan merasakan rasa tidak nyaman pada bagian punggung bawah saat kekurangan cairan. Oleh karenanya, penuhi kebutuhan cairan paling tidak 2 liter per hari untuk orang dewasa.

Namun pemenuhan kebutuhan cairan pun bisa lewat makanan seperti menu makanan berkuah, juga sayuran dan buah yang kaya akan kandungan air.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed