Batam

Perdana, Pelaksanaan Shalat Jumat di Masjid Tanjak Hang Nadim Batam

BATAMBicara | Batam – Masjid Tanjak pertama kali digunakan untuk Shalat Jum’at, hari ini (17/6/2022).
Masjid yang terletak di kawasan Bandara Hang Nadim ini pembangunan nya sudah dimulai pada 23 Desember 2020 lalu dan hari ini resmi digunakan untuk pelaksanaan shalat Jumat.

Masjid Tanjak didirikan di lahan seluas sekitar 15.797 meter persegi, lantai 1 luas bangunan 2.094 meter persegi, lantai 2 luas bangunan 468 meter persegi.

Tempat ibadah ini dirancang mampu menampung jemaah laki-laki di lantai 1 sebanyak 900 jemaah, sedangkan kapasitas jamaah perempuan pada lantai 2 dapat menampung sebanyak 350.

Tinggi bangunan masjid mencapai 39,5 meter, tinggi menara masjid 45 meter dengan biaya pembangunan masjid mencapai Rp39.937.665.520 dengan sumber pembiayaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Kepala BP Batam HM Rudi mengatakan pembangunan masjid dilakukan di atas bukit agar dapat menghemat listrik, “kalau masjid di atas, anginnya akan banyak dan masjid akan terbuka, dengan begitu listrik akan berkurang”, katanya.

Kawasan Bandara Hang Nadim lanjutnya kedepan tidak hanya untuk turun naik pesawat tapi ada juga kegiatan industri dan lainnya.

“Saat ini hanya ada satu terminal ke depan akan jadi dua dan landasan juga akan ada dua. Sementara cargo sudah kita pindahkan ke tempat yang lebih besar,” jelasnya beberapa waktu lalu. (bbid)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button