Batam

Rokok Ilegal Marak di Kepri, BC Batam: Libatkan Semua Pihak Merazia

BATAMBicara | Batam – Belakangan ini peredaran rokok tanpa label pita cukai semakin merebak di Kota Batam, bahkan diluar Batam pun sudah dipasarkan, seperti di Kota Tanjungpinang, Tanjunguban dan beberapa wilayah Kepulauan Riau.

Penjualanan rokok yang diproduksi di Batam ini seakan tak ada habisnya, dengan murah diperjual-belikan di warung-warung eceran bahkan tidak sedikit dijumpai di beberapa grosir pertokoan.

Baca juga:

Bea Cukai Batam tindak 65.000 rokok ilegal periode Januari-Maret 2022

Seperti jenis Rokok merk REXO dan Manchester, hasil penelusuran media dilapangan dan dari beberapa sumber yang dirangkum, sampai saat ini masih di jual di warung dan Kios-kios pinggir jalan Kota Batam.

Ketua investigasi Aliansi LSM Ormas Peduli Kepri Hirmawansyah, mengatakan bahwa hasil investigasi dilapangan di duga adanya oknum wartawan yang terlibat atau membantu pelaku peredaran rokok merk REXO dan Mancester, “jika issue miring ini benar adanya, tentunya ini menjadi preseden buruk bagi dunia pres yang telah dikendalikan oleh oligarki”, katanya mengutip Mabes Bharindo. Senin (23/5/2022).

Baca juga:

Bea Cukai Batam Sita 9 Ribu Bungkus Rokok Ilegal Siap Edar

Lebih lanjut Hirmawansyah mengatakan dalam peredaran rokok ilegal seharusnya Bea dan cukai proaktif bukan pasif dengan menunjukkan saja, bukankah rata-rata rokok ilegal yang beredar baik nama maupun perusahaan tempat dan alamatnya harus jelas. Artinya bisa dipertanyakan kenapa rokok produksi tanpa label cukai banyak beredar?.

Humas Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Batam Rizky Baidillah, saat dikonfirmasi media mengatakan, yang lakukan pihaknya adalah untuk menekan peredaran rokok tersebut antara lain dengan operasi cukai baik razia peredaran, pendistribusian dan melalui patroli darat maupun laut.

Sejauh ini menurut Rizky sudah beberapa kali DJBC Batam menghasilkan penindakan, “dan kita juga koordinasi yang melibatkan semua unsur baik Satpol PP dan aparat TNI serta kepolisian bersama-sama melakukan pengawasan rokok ilegal tersebut untuk ditindak secara hukum”, tutupnya. (sauth)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button