Batam

Arus Balik ke Batam Melonjak, Disarankan Perjalanan Pagi Hari

BATAMBicara | Batam – Memasuki puncak arus balik ke Batam akan dimulai pada, Jumat (6/5/2022), dan diperkirakan berakhir pada Ahad (8/5/2022).

Di Pelabuhan Domestik Sekupang, Batam, Kepulauan Riau saat ini tengah bersiap menyambut arus balik penumpang pasca Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijiriah/2022 M.

“Mulai besok Pelabuhan Domestik Sekupang akan mulai mengalami lonjakan kembali. Namun kali ini dari arus balik warga ke Batam, dan hal ini akan berlangsung hingga Ahad nanti,” jelas Kasatker Pelabuhan Domestik Sekupang, Dirman saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (5/5/2022).

Untuk itu, pihaknya mengimbau bagi warga yang akan kembali, agar dapat mempertimbangkan waktu keberangkatan, guna menghindari penumpukan di Pelabuhan Domestik Sekupang.

Dirman menyarankan, demi kenyamanan agar warga yang akan kembali ke Batam lebih baik, untuk melakukan perjalanannya pada pagi hari.

“Karena kemungkinan kedatangan pada pagi hari, tentu penumpukannya akan berbeda pada siang hari. Lebih baik berangkat pagi, jadi punya waktu istirahat yang lebih panjang,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Dirman juga menyebutkan agar masyarakat dapat tetap menerapkan protokol kesehatan selama melakukan perjalanan menuju Batam.

“Jangan lupa tetap memakai masker selama perjalanan kembali ke Batam,” tegasnya.

Saat ini, kondisi Pelabuhan Domestik Sekupang, masih kondusif dalam menghadapi arus balik walau pihaknya telah melakukan persiapan sejak satu seminggu belakangan.

Dirman menyebutkan, persiapan yang telah dilakukan ini berdasarkan pengalaman saat pihaknya melakukan pelayanan pada arus mudik lalu.

“Kita sudah siapkan petugas untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus balik nanti. Persiapan bahkan sudah dilakukan sejak Ahad kemarin,” tegasnya.

Sebelumnya, pada Idul Fitri 1443 Hijiriah/2022 ini, arus keberangkatan melalui Pelabuhan Domestik Sekupang mengalami penumpakan sejak subuh dini hari.

Dirman juga mengakui, jumlah penumpang ini akan meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan hari biasa (normal).

Rute Batam-Dumai adalah yang terhitung paling banyak diminati oleh calon penumpang melalui Pelabuhan Domestik Sekupang.

Dirman mengatakan, sejak H-7 Idul Fitri jumlah penumpang di pelabuhan Domestik Sekupang sudah di atas 2000, jumlah ini naik dari sebelumnya yang hanya 800-1000 penumpang perhari.

“Setiap tahun seperti ini, tapi kita siap dan masih kondusif,” katanya. (spm/bbid)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button